Tarigan, Dea Putri Natasya and Hapsari Dian Sylvatri, S.S.,M.I.Kom (2024) Implementasi Strategi Social Media Marketing pada Akun Instagram Island of Imagination Sebagai Media Branding. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Island of Imagination yaitu sebuah usaha minuman kerajinan yang berdiri sejak tahun 2021 dan kini memiliki outlet di Jakarta dan Bali. Slogan “Journey Beyond Craft,” Island of Imagination bertujuan untuk menghadirkan cerita di setiap tegukan. Usaha meningkatkan branding dan menjangkau pasar yang sesuai, Island of Imagination memanfaatkan Instagram sebagai platform utamanya. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Tujuan Tugas Akhir ini untuk mengetahui implementasi dari sosial media Instagram Island of Imagination. Teori implementasi yang diaplikasikan adalah indikator Strategi Social Media Marketing yaitu (Reader Cognition, Sharing Motivation, Persuasion, Decision Making, Factor). Dari hasil penulisan menunjukkan bahwa implementasi media sosial Instagram oleh Island of Imagination telah berjalan sesuai harapan. Penulisan ini juga mengindentifikasi alur serta tantangan yang dihadapi dalam proses implementasi tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Island of Imagination untuk terus berkembang dalam menggunakan Instagram sebagai media branding untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
English Abstract
Island of Imagination is a craft beverage business established in 2021, now with outlets in Jakarta and Bali. The slogan “Journey Beyond Craft,” Island of Imagination aims to deliver a story in every sip. To enhance its branding and reach the appropriate market, Island of Imagination utilizes Instagram as its primary platform. This study adopts a qualitative approach, collecting data through observation and interviews. The purpose of this thesis is to understand the implementation of Island of Imagination’s social media strategy on Instagram. The implementation theory applied includes the Social Media Marketing Strategy indicators: Reader Cognition, Sharing Motivation, Persuasion, Decision Making, and Factors. The results show that the implementation of Instagram by Island of Imagination has met expectations. This study also identifies the workflow and challenges encountered in the implementation process. Therefore, it is crucial for Island of Imagination to continuously evolve in using Instagram as a branding medium to achieve its desired goals.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170081 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Sosial Media, Instagram, Branding, Strategi Social Media Marketing-Implementation, Social Media, Instagram, Branding, Social Media Marketing Strategy |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:20 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221300 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dea Putri Natasya Tarigan.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |