Febriyanti, Anggerini Rizki and Tri Mega Asri, S.Sos., M.I.Kom (2024) Optimalisasi Konten Feeds Instagram Untuk Membentuk Brand Awareness Pada Akun @spt.co.id. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Modern ini, media sosial terutama Instagram telah menjadi alat yang penting dalam mempermudah berbagai kegiatan, salah satunya promosi bisnis. Contoh implementasi strategi ini terlihat pada akun @spt.co.id yang merupakan penyelenggara Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP). Meskipun telah mencapai kesuksesan dengan jumlah konsumen yang banyak, analisis terhadap akun Instagram mereka menunjukkan ketidaksesuaian antara jumlah pengikut yang tinggi dan interaksi yang rendah, seperti jumlah like dan komentar yang minim. Masalah ini menunjukkan bahwa konten Instagram @spt.co.id masih kurang terkonsep dan dapat menyebabkan terhambatnya upaya mereka dalam membangun brand awareness. Tujuan dari pengoptimalisasian konten feeds pada akun Instagram @spt.co.id adalah untuk membentuk brand awareness dengan cara menaikkan jumlah pengikut, like, komentar pada setiap postingannya, yang sebelumnya hanya 357 pengikut, rata-rata 4 like, dan 0 komentar di setiap postingannya. Setelah pengoptimalisasian konten dilakukan, target pencapaian peningkatan jumlah pengikut, like, dan komentar sudah tercapai dengan tercapainya 402 pengikut, 38 like dan 12 komentar pada salah satu postingan @spt.co.id selama tiga siklus yang sudah diterapkan dari tanggal 4 Mei – 21 Mei 2024. Solusi dari permasalahan sebelumnya, diperlukan perbaikan dalam perencanaan konten Instagram @spt.co.id dengan fokus pada strategi yang lebih terarah, konten yang menarik, dan peningkatan kualitas visual. Merancang dan menerapkan konten feeds yang lebih terarah dan menarik, @spt.co.id dapat meningkatkan daya tarik pengguna dan dapat menciptakan brand awareness secara keseluruhan. Langkah ini dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pengikut, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap layanan yang ditawarkan oleh @spt.co.id sebagai penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan resmi yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pajak.
English Abstract
In this modern era, social media, especially Instagram, has become an important tool in facilitating various activities, one of which is business promotion. An example of the implementation of this strategy can be seen in the @spt.co.id account, which is a provider of Tax Application Services (PJAP). Although they have achieved success with a large number of consumers, analysis of their Instagram account shows a mismatch between the high number of followers and low interaction, such as the minimal number of likes and comments. This problem shows that @spt.co.id's Instagram content is still not well conceptualized and may hinder their efforts in building brand awareness. The purpose of optimizing the feeds content on the @spt.co.id Instagram account is to build brand awareness by increasing the number of followers, likes, comments on each post, which was previously only 357 followers, an average of 4 likes, and 0 comments on each post. After content optimization is carried out, the target of increasing the number of followers, likes, and comments has been achieved by achieving 402 followers, 38 likes and 12 comments on one of @spt.co.id's posts during the three cycles that have been implemented from 4 May - 21 May 2024. The solution to the previous problem requires improvements in @spt.co.id's Instagram content planning with a focus on a more focused strategy, interesting content, and improved visual quality. Designing and implementing more targeted and engaging content feeds, @spt.co.id can increase user attraction and can create overall brand awareness. This step can help create stronger relationships with followers, as well as increase consumer confidence in the services offered by @spt.co.id as an official Tax Application Service provider recognized by the Directorate General of Taxes
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170074 |
Uncontrolled Keywords: | konten, feeds instagram, brand awareness-content, instagram feeds, brand awareness |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:28 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 08:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221288 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggerini Rizki Febriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |