Analisis Penggunaan Sosial Media Instagram Sebagai Platform Pemasaran Digital (Studi Kasus Akun @Kulinerlmj.Id)

Latifah, Afina and Dr. Karisma Sri Rahayu, S.S.T.,M.AB. (2024) Analisis Penggunaan Sosial Media Instagram Sebagai Platform Pemasaran Digital (Studi Kasus Akun @Kulinerlmj.Id). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan besar di lingkungan masyarakat. Saat ini di seluruh dunia tidak bisa lepas dari teknologi, salah satu bentuk dari perkembangan teknologi adalah media sosial. Media sosial memiliki beragam jenis, salah satunya adalah media sosial instagram. Media sosial instagram tidak hanya dimanfaatkan sebagai media interaksi dan komunikasi, namun juga dimanfaatkan sebagai media pemasaran. Oleh karena itu, di dalam Tugas Akhir ini penulis akan membahas mengenai pemanfaatan media social instagram sebagai platform pemasaran digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan instagram sebagai platform pemasaran berada di tingkat keberhasilan yang tinggi sehingga dapat diartikan bahwa kegiatan pemasaran yang memanfaatkan fitur yang ada di instagram dilakukan dengan maksimal sehingga dapat menimbulkan perhatian (Attention), minat (Interest), keinginan (Desire), dan tindakan (Action) bagi para pengikut atau followersnya. Namun terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatakan agar pemanfaatan media sosial sebagai platform pemasaran dapat maksimal. Saran dari penulis untuk dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang belum digunakan serta meningkatkan konten interaksi dengan followers

English Abstract

The development of technology has brought great changes to society. Currently, the whole world cannot be separated from technology, one form of technological development is social media. Social media has various types, one of which is social media instagram. Instagram is not only used as a medium of interaction and communication, but also used as a marketing medium. Therefore, in this Final Project the author will discuss the utilization of social media instagram as a digital marketing. The data collection techniques used are observation, interview, and questionnaire. The results showed that the utilization of Instagram as a marketing platform is at a high level of success so that it can be interpreted that marketing activities that utilize the features on Instagram are carried out optimally so that they can generate attention (Attention), interest (Interest), desire (Desire), and action (Action) for followers or followers. However, there are several aspects that need to be improved so that the utilization of social media as a marketing platform can be maximized. Suggestions from the author can be done by utilizing features that have not been used and increasing interaction content with followers

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170073
Uncontrolled Keywords: Media Sosial ,Instagram, Pemasaran Digital- Social Media, Instagram, Digital Marketing
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:28
Last Modified: 24 Jun 2024 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221287
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afina Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item