Prasetya, Yoga and Lintang Edityastono, S.AB., M.AB (2024) Analisis Pengelolaan Media Sosial Instagram Kanwil DJKN DKI Jakarta Sebagai Media Komunikasi Publik. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui bagaimana pentingnya memahami platform media sosial instagram yang digunakan sebagai bagian dari strategi komunikasi publik DJKN. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang memicu perkembangan media sosial sebagai salah satu pilihan berkomunikasi oleh publik, memberi dampak yang cukup besar pada cara berpikir masyarakat, termasuk cara publik mengkritisi atau menyampaikan pendapat kepada pemerintah. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial instagram Kanwil DJKN DKI Jakarta sebagai media komunikasi publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori 4C dari Chris Heuer yang didalamnya menunjukkan empat strategi pengelolaan media sosial, yaitu: Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial instagram @kanwildjkndkijkt sudah berjalan dengan baik walaupun terdapat kelebihan dan kekurangan. Dimensi Context postingan yang disajikan dengan caption sudah sesuai dan memenuhi unsur 5W+1H. Dimensi Communication sudah dikelola dengan baik dimana banyak masyarakat yang paham akan suatu informasi yang dibagikan. Dimensi Collaboration juga sudah berjalan dengan baik, yang mana akun instagram @kanwildjkndkijkt mulai aktif menggunakan fitur Collaborative Collections dengan akun media sosial instagram di lingkungan Kementerian Keuangan. Dimensi Connection belum dimaksimalkan dengan baik dalam membangun hubungan untuk melakukan suatu interaksi dengan followers, seperti membalas komentar dan memberikan like pada komentar pengikut. Dengan demikian, penelitian Tugas Akhir ini memiliki konstribusi dalam memahami bagaimana peran media sosial instagram dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk mencapai komunikasi yang efektif dan efisien serta dapat menjadi salah satu instrumen strategis pimpinan Kanwil DJKN DKI Jakarta dalam mengelola kebijakan Keuangan dan kekayaan negara serta kebijakan dan/atau kegiatan lainnya sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik.
English Abstract
This research is motivated to find out how important understanding the Instagram social media platform is used as part of DJKN public communication strategy. This is because technological advances that trigger the development of social media as one of the choices to communicate by the public, have a considerable impact on the way people think, including the way the public criticizes or expresses opinions to the government. In this regard, this study aims to find out how the management of Instagram social media of the Kanwil DJKN DKI Jakarta as a public communication media. The method used in this study is descriptive qualitative using the 4C theory from Chris Heuer which shows four social media management strategies, namely: Context, Communication, Collaboration, and Connection. The results showed that the management of Instagram social media @kanwildjkndkijkt has run well even though there are advantages and disadvantages. The Context dimension of the post presented with the caption is appropriate and meets the 5W + 1H element. The Communication dimension has been well managed where many people understand the information shared. The Collaboration dimension has also been running well, where Instagram accounts @kanwildjkndkijkt began to actively use the Collaborative Collections feature with Instagram social media accounts within the Ministry of Finance. The Connection dimension has not been maximized well in building relationships to make interactions with followers, such as replying to comments and giving likes to follower comments. Thus, this Final Project research has a contribution in understanding how the role of Instagram social media can be used as one of the tools to achieve effective and efficient communication and can be one of the strategic instruments of the Kanwil DJKN DKI Jakarta in managing financial policies and state wealth as well as other policies and/or activities in accordance with the principles of good governance.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170071 |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Media Sosial, Instagram, Komunikasi Publik- Management, Social Media, Instagram, Public Communication |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:28 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 08:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221216 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yoga Prasetya.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |