Wijayanti, Reva Lina and Dian Kusumaningtyas, S.Si.T, M.Keb and dr. Nuretha Hevy P, M.Sc, Sp. DLP (2024) pengaruh pendidikan kesehatan berbasis e-learning course terhadap pencapaian peran ibu (maternal identity) pada primpira usia 16-20 tahun di Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pernikahan dini umumnya dapat menyebabkan terjadinya kehamilan pada usia dini. Hal tersebut dapat menyebabkan permasalahan dalam kesiapan ibu untuk mencapai perannya sebagai ibu. Salah satu yang berpengaruh dalam pencapaian peran ibu yaitu pengetahuan. Pendidikan kesehatan berbasis e-learning course dapat menjadi sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dalam pencapaian peran ibu (maternal identity). Pendidikan kesehatan berbasis e-learning course ini belum pernah diberikan kepada ibu muda di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis e-learning course terhadap pencapaian peran ibu pada primipara usia 16-20 tahun. Metode : Penelitian ini menggunakan preexperimental dan pengambilan data menggunakan single group comparison prestest-posttest design. Hasil: Terdapat peningkatan pencapaian peran ibu sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan berbasis e-learning course (p-value 0,000). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan jika adanya pengaruh pendidikan kesehatan berbasis e-learning course terhadap pencapaian peran ibu (maternal identity) pada primipara usia 16-20 tahun di Kabupaten Probolinggo dan pendidikan kesehatan berbasis e-learning dapat digunakan oleh tenaga kesehatan untuk mendorong ibu muda untuk mencapai peran ibu.
English Abstract
Early marriage commonly leads to pregnancy at an early age, which can cause problems in the mother's readiness to achieve her maternal identity. One of the things that influence the achievement of maternal identity is knowledge. Health education based on e-learning courses can be a learning medium to improve the achievement of maternal identity. This e-learning course-based health education has never been given to young mothers in Probolinggo Regency. This study aims to determine the effect of e-learning course-based health education on the achievement of maternal roles in primiparas aged 16-20 years. Methods: This study used pre-experimental and data collection using single group comparison prestest-posttest design. Results: There is an increase in the achievement of maternal roles before and after being given e-learning course-based health education (p-value 0.000). Conclusion: This study shows if there is an effect of elearning course-based health education on the achievement of maternal identity in primiparas aged 16-20 years in Probolinggo Regency and e-learning-based health education can be used by health workers to encourage young mothers to achieve maternal roles.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524060025 |
Uncontrolled Keywords: | Pencapaian peran ibu, pendidikan kesehatan digital, pernikahan dini-Maternal identity, digital health education, early marriage |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221183 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
REVA LINA WIJAYANTI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |