Perancangan Ulang Desain Kemasan dan Media Promosi Tahu Kress Sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness

Santoso, Sekar Lestari and Dimas Fakhruddin, S.ST., M.Ds. (2024) Perancangan Ulang Desain Kemasan dan Media Promosi Tahu Kress Sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perancangan ini menggunakan Mix Method Teknik dengan pengumpulan data menggunakan primer dan sekunder bertujuan untuk meningkatkan Brand Awarenss Tahu Kress milik Ibu Tantri. Lokasi yang dilakukan pada penelitian di Gor Jayabaya Kota Kediri, berdasarkan wawancara, observasi, dan kuisioner pada Tahu Kress Kurangnya identitas visual dan media promosi yang dimiliki Tahu Kress disebabkan kemasan yang dimiliki kurang melindungi kualitas sebuah produk. Tak hanya itu, dalam berbisnis media promosi sangat penting dikarenakan dari media promosi produk Tahu Kress dapat dikenal oleh banyak orang. Desain kemasan juga mengacu harus pada perancangan yang telah dibuat dari pemilihan warna, font, bahan kemasan, dan segala elemen yang ada di desain grafis pada kemasan. Maka permasalahan diatas hasil akhir dalam Perancangan Ulang Desain Kemasan Dan Media Promosi Tahu Kress Sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness. Identitas visual yang baik merupakan suatu kunci dalam meningkatkan Brand Awareness bagi produk Tahu Kress. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1), Redesign visual identias produk Tahu Kress menggunakan pendekatan mix method dengan melakukan observasi, wawancara, studi literature, dan kuisioner,(2)Redesign ini menghasilkan sebuah kemasan primer, sekunder, serta GSM yang bertujuan sebagai pedoman dalam menggunakan identitas visual Tahu Kress,(3)Media implementasi yang digunakan dalam redesign yang sesuai dengan kebutuhan Tahu Kress yakni berupa, Poster, X-banner, Stiker, Merchendise dan media promosi Instagram.

English Abstract

This design uses a Mix Method Technique with data collection using primary and secondary with the aim of increasing Mrs. Tantri's Tahu Kress Brand Awareness. The location of the research was in Gor Jayabaya, Kediri City, based on interviews, observations and questionnaires on Tahu Kress. The lack of visual identity and promotional media owned by Tahu Kress was due to the packaging not protecting the quality of the product. Not only that, in business, promotional media is very important because promotional media for Tofu Kress products can be known by many people. Packaging design also refers to the design that has been made from the choice of colors, fonts, packaging materials, and all elements in the graphic design on the packaging. So the problems above are the final result in redesigning the packaging design and promotional media for Kress Tofu as an effort to increase brand awareness. A good visual identity is the key to increasing Brand Awareness for Tahu Kress products. The conclusions of this research are (1), Redesign the visual identity of the Tahu Kress product using a mix method approach by conducting observations, interviews, literature studies and questionnaires, (2) This redesign produces a primary, secondary and GSM packaging which aims to serve as a guide in using Tahu Kress's visual identity, (3) Implementation media used in the redesign in accordance with Tahu Kress' needs, namely in the form of posters, X-banners, stickers, merchandise and Instagram promotional media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170068
Uncontrolled Keywords: Brand Awareness, Tahu Kress, Kemasan, Media Promosi-Brand Awareness, Kress Tofu, Packaging, Promotional Media
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:21
Last Modified: 24 Jun 2024 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221140
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sekar Lestari Santoso.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item