Wijaya, Putri Anas and Tri Mega Asri, S.Sos., M.I.Kom (2024) Analisis Sistem Pelayanan Pada Aplikasi “SIAPEL” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik atau yang lebih dikenal dengan Siapel merupakan salah satu alternatif media pelayanan bidang kependudukan dan Pencatatan Sipil selain dengan tatap muka. Aplikasi Siapel berbasis Website sehingga dapat digunakan di Handphone dengan platform android dan IOS untuk mempermudah masyarakat di dalam melakukan pelayanan dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Malang. Dengan adanya aplikasi siapel masyarakat cukup melakukan upload dokumen maka akan diproses oleh Petugas Operator Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk menganalisis sistem pelayanan pada aplikasi siapel di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota malang. metode yang di gunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data yaitu dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi siapel membantu masyarakat dalam proses pengurusan administrasi kependudukan karena dapat diakses menggunakan handphone sehingga tidak perlu data ke kantor Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Malang. dalam penerapan Aplikasi Siapel masih terdapat beberapa kendala seperti aplikasi yang lambat dan kurangnya sosialisasi berkesinambungan tentang adanya pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi siapel.berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saransaran sebagai berikut: meminimalisir durasi Upload berkas pada aplikasi siapel,meningkatkan respon menjawab pada Menu suara masyarakat yaitu pengaduan, krikit dan saran sebagai bahan evaluasi dalam pelayanan administrasi kependudukan pada aplikasi siapel, dan melaksanakan sosialisasi berkesinambungan tentang adanya pelayanan melalui aplikasi siapel. dengan adanya sosialisasi berkesinambungan di harapkan dapat meningkatkan cakupan masyarakat yang mengetahui pelayanan administrasi kependudukan dapat dilakukan secara online.
English Abstract
The Electronic Service Application Information System or better known as Siapel is an alternative media for services in the field of population and civil registration other than face to face. The Siapel application is website-based so it can be used on mobile phones with Android and IOS platforms to make it easier for the public to provide services in the field of Population and Civil Registration in Malang City. With the ready application, the public simply uploads documents and they will be processed by the Malang City Population and Civil Registration Service Operator Officer. The purpose of this writing is to analyze the service system in the Siap application in the Malang city population and civil registration service. The method used is a descriptive quantitative method with data collection techniques which are carried out through distributing questionnaires and the results of the research show that the application is ready to help the community in the process of managing population administration because it can be accessed using a cellphone so there is no need for data to go to the Malang City Population and Civil Registration Service office. In implementing the Siapel application, there are still several obstacles such as slow application and lack of continuous socialization regarding the existence of population administration services through the Siapel application. Based on the results of the analysis and conclusions in the discussion chapter, the author proposes the following suggestions: minimize the duration of uploading files on the Siapel application, increasing responses to the public voice menu, namely complaints, criticism and suggestions as evaluation material in population administration services on the Siapel application, and carrying out continuous socialization regarding the existence of services through the Siapel application. With continuous outreach, it is hoped that it will increase the scope of the public who know that population administration services can be provided online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170064 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Aplikasi Siapel, dan Kualitas Pelayanan Elektronik-Public Services, Siapel Application, and Quality of Electronic Services |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:20 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 04:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221130 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Anas Wijaya.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |