Implementasi Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) pada KCP BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga

Kusmawardani, Nadyla Putri and Soni Wijaya,, S.H., M.H (2024) Implementasi Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) pada KCP BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai upaya optimalisasi dan efisiensi pemberian layanan kepada para peserta, BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan inovasi digital dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan untuk klaim Jaminan Hari Tua dengan nama JMO (Jamsostek Mobile) yang di operasikan sejak bulan September tahun 2021. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan peserta dalam mengajukan klaim jaminan hari tua, serta bertujuan untuk mengatasi keluhan terkait antrean yang panjang di kantor cabang atau pusat, yang seringkali memakan waktu yang cukup lama dalam proses pelayanan. Penggunaan teknologi pada masyarakat tidak serta merta dapat diterima secara langsung, terdapat kendala pada penggunaan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) yang menjadi tantangan utama. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang telah dilakukan dengan cara melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar narasumber menganggap melalui online proses pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan waktu yang lebih efisien jika dibandingkan dengan metode manual yang melibatkan kunjungan langsung ke kantor. Hal ini dapat mengurangi antrean pelayanan di KCP BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga. Adapun hambatan yang dihadapi oleh para pengguna aplikasi Jamsostek mobile di antaranya kesalahan sistem biometrik, pengguna belum bisa mengoperasikan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), pengguna lupa kata sandi, pengguna tidak memiliki akses internet dan ponsel yang memadai, dan terdeteksi kartu lain.

English Abstract

As an effort to optimize and efficiently provide services to participants, BPJS Employment launched a digital innovation in the form of an application that can be used to claim JHT under the name JMO (Jamsostek Mobile) which has been operated since September 2021. The aim is to provide convenience to the public and participants in submitting old age insurance claims, and aims to overcome complaints related to long queues at branch or central offices, which often take a long time in the service process. The use of technology in the community is not necessarily directly acceptable, there are obstacles to the use of the JMO (Jamsostek Mobile) application which is the main challenge. The research method used by the author is qualitative method. While data collection techniques have been carried out through observation, interviews and documentation. The results of this study show that most source person consider that through online the process of disbursing Old Age Insurance (JHT) can be done more easily with more efficient time when compared to manual methods that involve direct visits to the office. This can reduce the service queue at KCP BPJS Employment Purbalingga. The obstacles faced by users of the Jamsostek Mobile application include biometric system errors, users have not been able to operate the JMO (Jamsostek Mobile) application, users forget passwords, users do not have adequate internet and mobile phone access, and other cards are detected.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170060
Uncontrolled Keywords: Aplikasi JMO, Jaminan Hari Tua, BPJS Ketenagakerjaan-JMO Application, Old Age Security, BPJS Employment
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:23
Last Modified: 21 Jun 2024 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221118
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadyla Putri Kusumawardani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item