Chizban, Muchammad and Guruh Pratama Zulkarnaen, ST., Ars., M.Ars (2023) Penerapan Visual Merchandising Guna Meningkatkan Citra Produk pada Redesain Interior Toko Service Pro Gresik. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Fenomena revolusi industri 4.0 membuat masyarakat secara tidak langsung dipaksa untuk mengikuti perkembangan tekhnologi sebagai penunjang kehidupan mereka. Adanya fenomena tersebut mengakibatkan menjamurnya perusahaan dibidang elektronik, sehingga berbagai cara dilakukan agar perusahaan tidak kehilangan pelanggan, Visual merchandising memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku impulse buying terhadap konsumen. Selain teknik visual merchandising, citra produk atau brand image juga turut andil membentuk presepsi konsumen terhadap suatu merek. Toko Service Pro Gresik merupakan sebuah toko service dan jual beli device Iphone yang berlokasi strategis ditengah Kota Gresik. Namun, ada beberapa potensi terkait interiornya yang harus dimaksimalkan, seperti branding visual yang belum terlihat, belum adanya penataan display yang sesuai dengan ukuran, jenis, dan fungsi produk, juga kurangnya pemantik motivasi belanja konsumen untuk mengkontruksi motivasi belanja impulsive, yang pada akhirnya meningkatkan omzet perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meredesain interior bangunan Toko Service Pro Gresik dengan mengaplikasikan konsep visual merchandising sehingga dapat meningkatkan citra produk Toko Service Pro Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan brand image dimana akan dihadirkan komunikasi visual melalui ruang yakni penataan visual merchandising dan store athmosphere yang sesuai dengan citra produk Toko Service Pro Gresik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi, serta data sekunder yang terdiri dari studi literatur dan studi komparasi. hingga mendapatkan hasil akhir yaitu sebuah interior Toko Service Pro Gresik yang dapat menstimulasi, mengedukasi, dan mempresentasikan produk yang dijual baik dari sisi visual, fungsional, fleksibel, dan efisien, serta membangun citra produk Toko Service Pro Gresik yang dapat bersaing dengan kompetitornya, meningkatkan loyalitas konsumen, brand awareness, serta brand store Service Pro Gresik yang lebih dikenal oleh konsumen.
English Abstract
The phenomenon of industrial revolution 4.0 make people indirectly follow technological developments to support their lives. The impact is the increasing number of electronic companies sector. So many ways have been taken to prevent the company from losing customers, one of them with visual merchandising concept. Brand image also contributes for shaping customer perceptions of a brand. Service Pro Gresik is a service, buying, and selling shop for iPhone device which is located in the middle of Gresik city. However, there are several potentials related to the interior that must be maximized, such as visual branding that is not visible yet, there is no display arrangement that is appropriate to the size, type, and function of the product. The purpose of this research is to redesign the interior of Service Pro Gresik store building by applying the concept of visual merchandising that can improve the brand image of Service Pro Gresik store. The research method used is qualitative with a brand image approach, that visual communication will be presented through space, such as arrangement of visual merchandising and store atmosphere. The data collection technique such as observation, interviews, and documentation, meanwhile the secondary data consisting of literature studies and comparative studies. To get the final result such as interior store that can compete with the competitors, increasing loyalty consumers, and brand awareness of Service Pro store Gresik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170650 |
Uncontrolled Keywords: | Visual Merchandising, Brand Image |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 08:22 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 08:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221101 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muchammad Chizban.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Actions (login required)
View Item |