Pengaruh Product Knowledge Dan Kualitas Pelayanan Front Office Terhadap Kepuasan Tamu Di Kontea Hotel Batu

Mahardhika, Maulana Satria and Tiara Estu Amanda, S.S., M.Pa (2024) Pengaruh Product Knowledge Dan Kualitas Pelayanan Front Office Terhadap Kepuasan Tamu Di Kontea Hotel Batu. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hotel memiliki beberapa bagian yang memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dengan bertujuan untuk menghasilkan atau meningkatkan pendapatan, diantaranya yaitu front office, Beberapa faktor yang dapat mempertahankan kepuasan tamu antara lain dengan menggunakan penguasaaan product knowledge dan kualitas pelayanan. Product knowledge dan Kualitas pelayanan merupakan kombinasi yang sangat penting yang dimana harus lebih diperhatikan untuk menciptakan kepuasan tamu, tidak bisa hanya fokus dengan salah satu saja kedua elemen ini harus berjalan beriringan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel yang akan digunakan sebanyak 100 responden. Dan menggunakan program SPSS untuk mengolah data.Berdasarkan Hasil penelitian mengenai pengaruh Product Knowledge dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu di Kontena Hotel Batu, bahwa variabel product knowledge X1 memperoleh thitung sebesar 5,429 sehingga thitung 5,429>1,661 dan sig 0,000<0,05 dan Variabel kualiatas pelayanan X2 memperoleh thitung sebesar 10,976 sehingga thitung 10,976>1,661 dan sig 0,000<0,05. Berdasarkan paparan disamping dapat disimpulan bahwa Product Knowledge dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu di Kontena Hotel Batu. Kata kunci : Product Knowledge, Kualitas Pelayanan, Front Off

English Abstract

The Hotel has several parts that have their respective duties and responsibilities with the aim of generating or increasing revenue, including the front office, several factors that can maintain guest satisfaction, among others, by using the mastery of product knowledge and service quality. Product knowledge and service quality is a very important combination which must be considered to create guest satisfaction, can not just focus on one of these two elements must go hand in hand. The method used is a descriptive method with a quantitative approach to data collection is done by distributing questionnaires to a sample that will be used as many as 100 respondents. And use the SPSS program to process data.Based on the results of research on the influence of Product Knowledge and quality of Service to guest satisfaction at Kontena Hotel Batu, that the variable product knowledge X1 obtain thitung of 5.429 up thitung 5.429>1.661 and sig 0.000<0.05 and variable kualiatas service X2 obtain thitung of 10.976 up thitung 10.976>1.661 and sig 0.000<0.05. Based on the presentation, it can be concluded that Product Knowledge and service quality have a positive and significant effect on guest satisfaction at Kontena Hotel Batu

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170058
Uncontrolled Keywords: Product Knowledge, Kualitas Pelayanan, Front Office, Kepuasan Tamu-Product Knowledge, service quality, Front Office, guest satisfaction
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:21
Last Modified: 21 Jun 2024 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221079
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Maulana Satria Mahardhika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item