Amanda Wicahyono, Raissa (2024) Pengaruh Implementasi Magang Di Kap Terhadap Minat Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya Dalam Pemilihan Karier Sebagai Auditor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi magang di KAP terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karier di bidang audit. Metode pengumpulan data adalah metode survei. Metode sampling penelitian adalah purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa S1 akuntansi Universitas Brawijaya angkatan 2020 yang sudah mengikuti magang di KAP RSM Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 76 sampel. Analisis statistik menggunakan Structural Equation Modelling—Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi magang di KAP berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karier sebagai auditor melalui reward dan efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi, tetapi implementasi magang di KAP berpengaruh negatif terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karier sebagai auditor melalui work-life balance. Hasil lainnya adalah implementasi magang di KAP berpengaruh positif terhadap reward, work-life balance dan efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini juga menemukan reward, work-life balance dan efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karier sebagai auditor.
English Abstract
This study aims to analyze the effect of internship program implementation in a Public Accounting Firm on accounting students’ intention to choose a career as an auditor. This study involve data collected through survey, and 76 samples of undergraduate accounting students of Universitas Brawijaya, class of 2020, participating an internship at RSM Indonesia Public Accounting Firm, selected through purposive sampling. The data are analyzed by Structural Equation Modeling—Partial Least Squares (SEM-PLS). The results of this study suggest that the implementation of internship program in a Public Accounting Firm through reward and the learning effectiveness of higher education institutions has a positive effect on accounting students' intention to choose a career as an auditor, but has a negative effect through work-life balance. Other results reveal that the internship implementation has a positive effect on reward, work-life balance and the learning effectiveness of higher education institutions; and reward, work-life balance and the learning effectiveness of higher education institutions have a positive effect on internship implementation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052402 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 07:24 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221077 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Raissa Amanda Wicahyono.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |