Implementasi Sistem Manajemen Kearsipan di Unit Kesekretariatan RSU Al-Islam H.M Mawardi Sidoarjo dalam Menunjang Kelancaran Administrasi Kantor

Ummah, Izza Lailiyah Magfirotul and Dr. Karisma Sri Rahayu,, S.S.T.,M.AB. (2024) Implementasi Sistem Manajemen Kearsipan di Unit Kesekretariatan RSU Al-Islam H.M Mawardi Sidoarjo dalam Menunjang Kelancaran Administrasi Kantor. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem manajemen kearsipan merupakan salah satu hal penting dalam organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi, karena di setiap perusahaan tentu memiliki arsip guna untuk menunjang kinerja dari organisasi. Arsip adalah bagian penting dari kegiatan administrasi sebagai kebutuhan utama bagi organisasi, karena arsip digunakan sebagai pusat ingatan dan sumber informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. Rumah Sakit adalah salah satu organisasi di bidang pelayanan kesehatan masyarakat dan memiliki sistem manajemen kearsipan yang diterapkan untuk mempermudah pengelolaan surat-surat penting Rumah Sakit agar surat tersebut dikelola dengan baik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem manajemen kearsipan serta faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi sistem manajemen kearsipan di unit kesekretariatan RSU Al-Islam H.M Mawardi Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mencapai sasaran penelitian yang jelas dan terarah maka penulis merumuskan permasalahan mengenai bagaimana sistem manajemen kearsipan, faktor pendukung sistem manajemen kearsipan dan faktor penghambat sistem manajemen kearsipan di unit kesekretariatan RSU Al-Islam H.M Mawardi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sistem manajemen kearsipan di unit kesekretariatan RSU Al-Islam H.M Mawardi mencakup beberapa prosedur, yaitu sebagai berikut: (1) Pengelolaan surat masuk (2) Penyimpanan surat (3) Pemeliharaan surat (4) Pengelolaan surat keluar (5) Pemusnahan surat (6) Penemuan surat kembali. Kemudian untuk faktor pendukung dari sistem manajemen kearsipan adalah pegawai kearsipan, fasilitas kearsipan, dan tata ruang kearsipan, sedangkan faktor penghambat dari sistem manajemen kearsipan adalah keterbatasan kemampuan SDM dan volume surat selalu bertambah. Saran untuk sistem manajemen kearsipan di RSU Al-Islam H.M Mawardi adalah penyebaran disposisi dapat disebarkan dengan sistem digital, penyimpanan arsip dapat memanfaatkan sistem digital dan membuat SOP peminjaman.

English Abstract

The records management system is one of the important things in the organization to achieve organizational goals, because every company certainly has archives to support the performance of the organization. Archives are an important part of administrative activities as a primary need for organizations, as archives are used as memory centers and sources of information as a basis for decision making. The Hospital is one of the organizations in the field of public health services and has an archive management system that is implemented to facilitate the management of important hospital papers so that the letters are managed properly. The purpose to be achieved from this study is to determine the application of the archives management system as well as supporting and inhibiting factors that can affect the archive management system in the secretariat unit of RSU Al-Islam H.M Mawardi Sidoarjo. The research method uses a descriptive method with a qualitative approach and data collection is carried out by observation, interviews and documentation. To achieve clear and directed research objectives, the author formulates problems regarding how the records management system, supporting factors of the records management system and inhibiting factors of the archive management system in the secretariat unit of RSU Al-Islam H.M Mawardi. From the results of the study, it is known that the archive management system in the secretarial unit of RSU Al-Islam H.M Mawardi includes several procedures, which are as follows: (1) Management of incoming mail (2) Storage of mail (3) Maintenance of mail (4) Management of outgoing mail (5) Destruction of mail (6) Discovery of return mail. Then for the supporting factors of the archives management system are archival employees, archival facilities, and archival layout, while the inhibiting factors of the archives management system are limited HR capabilities and the volume of letters is always increasing. Suggestions for the records management system at RSU Al-Islam H.M Mawardi are the dissemination of dispositions can be disseminated with a digital system, records storage can utilize a digital system and make loan SOPs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170056
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kearsipan, Rumah Sakit, Administrasi Kantor-Records Management, Hospital, Office Administration
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:50
Last Modified: 21 Jun 2024 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221046
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Izza Lailiyah Magfirotul Ummah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item