Delius Harefa, Ivan (2024) Pengaruh Persepsi Kegunaan Yang Dirasakan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Perilaku (Behaviour Intention) Menggunakan Layanan Beli Sekarang, Bayar Nanti (Buy Now, Pay Later) di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Beli Sekarang, Bayar Nanti (BNPL) merupakan layanan pembayaran yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang dan jasa dan membayarnya dalam jangka waktu tertentu. Layanan BNPL semakin populer di Indonesia, terutama di kalangan milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan terhadap niat perilaku (behaviour intention) menggunakan layanan BNPL di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Data dikumpulkan dari 100 responden pengguna layanan BNPL di Kota Malang melalui kuesioner online. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap niat perilaku. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi penyedia layanan BNPL dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan penggunaan layanan BNPL. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat membantu konsumen dalam membuat keputusan yang lebih tepat terkait penggunaan layanan BNPL.
English Abstract
Buy-Now Pay-Later (BNPL) service, allowing consumers to pay later within a certain time period for the goods and service purchased, is increasingly popular in Indonesia, especially among young adults. As such, this research quantitatively analyzes the effect of perceived usefulness and perceived convenience on the behavioral intention to use BNPL service in Malang City. Data are collected from 100 respondents who utilizes BNPL service in Malang City through an online questionnaire, and are analyzed by multiple linear regression. The research results indicate that perceived usefulness and perceived convenience have a significant positive effect on the Behavioral Intention. The results of this research provide benefits for both BNPL service providers and consumers to develop strategies to increase BNPL service use and to make more informed decisions in using the BNPL services, respectively.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052402 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 03:14 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 03:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221008 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ivan Delius Harefa.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |