Evaluasi Pelaksanaan Skills Lab Komunikasi Berdasarkan Persepsi Instruktur dna Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya

Sekarputri, Afrilia and drg.Citra Insany Irgananda, .M.Med.Ed and drg. Kartika Andari Wulan, Sp. Pros. (2019) Evaluasi Pelaksanaan Skills Lab Komunikasi Berdasarkan Persepsi Instruktur dna Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterampilan klinis komunikasi sangat diperlukan di profesi kedokteran untuk melakukan tindakan medis yang efektif dan efisien, maka dari itu perlu adanya latihan yang optimal dari segi kuantitas maupun kualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan metode pembelajaran Skills Lab komunikasi berdasarkan persepsi instruktur dan mahasiswa di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Menggunakan metode penelitian cross sectional yang dilakukan pada bulan November 2018. Sampel penelitian meliputi mahasiswa blok 2 sebanyak 104 orang dan dosen Skills lab komunikasi 9 orang. Penelitian dimulai dengan melakukan uji validitas dan uji realibilitas pada kuesioner, kemudian dilakukan pembagian dan pengisian kuesioner mengenai pelaksanaan skills lab komunikasi pada seluruh sampel terhadap lima aspek penilaian (Instruktur, Materi pembelajaran, Mahasiswa, Metode pembelajan, dan evaluasi pembelajaran). Setelah itu dilakukan uji Mann Whitney untuk menganalisis perbedaan persepsi instruktur dan mahasiswa. Hasil uji menyatakan bahwa terdapat perbedaan pada tiga aspek penilaian (mahasiswa, materi, dan metode pembelajaran) dengan nilai siginifikan <0,05 dan tidak terdapat perbedaan pada dua aspek penilaian (instruktur dan evaluasi pembelajaran) dengan nilai signifikan >0,05. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya perbedaan persepsi antara instruktur dan mahasiswa terhadap metode pembelajaran skills lab komunikasi di FKG UB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 051914
Uncontrolled Keywords: persepsi, Skills lab, komunikasi, Mann Whitney
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:22
Last Modified: 20 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220972
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afrilia Sekarputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item