Representasi Citra Tiongkok dalam Online Game pada tahun 2018-2023

Wicaksono, Yusuf Damara Wahyu and Ni Komang Desy Setiawati Arya Pinatih, S.IP., M.Si (2023) Representasi Citra Tiongkok dalam Online Game pada tahun 2018-2023. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin berkembangnya Hubungan Internasional membuka ruang baru dalam studinya, dengan popular geopolitics sebagai salah satunya. Representasi sebagai salah satu aspek penting dalam popular geopolitics pun mendapatkan peran dan perhatian yang lebih oleh banyak aktor, salah satunya adalah Tiongkok. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana kebijakan Tiongkok terkait online game berpengaruh pada online game yang dibuat oleh pengembang game dan pada akhirnya mengidentifikasi representasi yang ditunjukkan oleh representasi Tiongkok dalam online game. Metode yang digunakan penulis untuk mengidentifikasi simbol representasi Tiongkok dalam karya game online sendiri adalah semiotika, sementara untuk ruang lingkup penelitian penulis membatasi penelitian penulis pada dua game: Azur Lane dan Arknights. Terkait dengan variabel, penulis membatasi penelitian ini dalam tiga variabel: representation of people, place, dan culture. Dari penelitian yang dilakukan penulis didapatkan kesimpulan bahwa memang ada representasi Tiongkok yang secara khusus menonjolkan nilai-nilai Tiongkok dalam online game Azur Lane dan Arknights. Sejumlah representasi yang dimasukkan diantaranya adalah kesamaan kenampakan alam, gaya berpakaian masyarakat, dan budaya secara umum. Representasi ideal juga ditunjukkan dengan adanya nilai-nilai tradisional Tiongkok dan referensi yang dimasukkan dalam kedua game tersebut

English Abstract

The development of International Relations nowadays gave room for new studies to develop, with popular geopolitics as one of it. As an important aspect in popular geopolitics, study of representation garnered more attention from a lot of parties, with China being one of it. The purpose of this research is to identify how China’s policy regarding omnline games influenced online games made by Chinese developers and subsequently identify representations shown by China’s representation in said games. We used semiotics method to identify the symbols of China’s representation in online game products, while for the scope of our research, we limit ourselves on two games: Azur Lane and Arknights. Regarding the variables, we limit the scope of this research on three variables: representation of people, place, dan culture. After conducting our research, we found out that there are indeed the representation of China that especially showing the Chinese values in both Azur Lane and Arknights. Some of the inserted representations including the similarity of geographical landscape, people’s dressing style, and culture in general. Ideal representations are also made apparent through the Chinese values and references that is inserted into both games

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: representasi, Azur Lane, Arknights, popular geopolitics, online game.representasi, Azur Lane, Arknights, popular geopolitics, online game
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:22
Last Modified: 20 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220963
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yusuf Damara Wahyu Wicaksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item