Peran Kesepian Dalam Memoderasi Peranan Hubungan parasosial Terhadap Intensi membeli pada Penggemar K-Pop

Febriyanti, Syifa and Dr. Dr. Ika Widyarini, MLHR, Psikolog (2024) Peran Kesepian Dalam Memoderasi Peranan Hubungan parasosial Terhadap Intensi membeli pada Penggemar K-Pop. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hubungan parasosial merupakan bentuk hubungan satu arah penggemar dan selebriti yang banyak dijumpai dalam fenomena penggemar K-Pop. Hubungan parasosial dipengaruhi oleh emosi individu, salah satunya kesepian. Pada fenomena ini bentuk dukungan penggemar terlihat dalam aktivitas membeli produk selebriti tersebut, ditandai dengan munculnya intensi membeli. Intensi membeli juga dipengaruhi oleh emosi individu seperti rasa kesepian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kesepian sebagai moderator peranan hubungan parasosial terhadap intensi membeli penggemar K-Pop di usia dewasa awal. Variabel hubungan parasosial diukur dengan skala Celebrities Persona Parasocial Interaction Scale (CPPI), variabel intensi membeli diukur dengan skala intensi membeli online, serta variabel kesepian dengan skala UCLA Loneliness Scale Version 3. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria penelitian yaitu laki-laki/perempuan berusia 18-25 tahun, merupakan penggemar K-Pop, dan memiliki keinginan untuk membeli produk K-Pop. Penelitian dilakukan terhadap 150 responden menggunakan Google Form yang telah disebar melalui media sosial. Data penelitian dianalisis menggunakan uji moderasi sederhana Hayes dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesepian tidak berperan sebagai moderator dalam penelitian ini dan hubungan parasosial secara negatif berperan terhadap intensi membeli penggemar K-Pop. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan terkait ketiga variable yang diuji serta informasi tambahan bagi para penggemar K-Pop dalam memenuhi tugas untuk memperoleh intimasi secara nyata.

English Abstract

Parasocial relationships are a form of one-way relationship between fans and celebrities commonly found in the phenomenon of K-Pop fandom. Parasocial relationships are influenced by individual emotions, one of which is loneliness. In this phenomenon, fan support is evident in the purchasing activities of celebrity products, marked by the emergence of purchase intentions. Purchasing intentions are also influenced by individual emotions such as loneliness. This study aims to examine the role of loneliness as a moderator of the relationship between parasocial relationships and purchase intentions of K-Pop fans in early adulthood. The parasocial relationship variable was measured using the Celebrities Persona Parasocial Interaction Scale (CPPI), the purchasing intention variable was measured using an online purchase intention scale, and the loneliness variable was measured using the UCLA Loneliness Scale Version 3. The research sample was obtained through purposive sampling based on research criteria: males/females aged 18-25 years, K-Pop fans, and having a desire to purchase K-Pop products. The study was conducted on 150 respondents using a Google Form distributed through social media. Research data were analyzed using Hayes' simple moderation analysis with the assistance of SPSS. The results of the study indicate that loneliness does not play a moderating role in this research, and parasocial relationships negatively affect the purchase intentions of K-Pop fans. This study is expected to provide additional reference regarding the three variables examined and additional information for K-Pop fans in fulfilling their tasks to achieve actual intimacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: hubungan parasosial, intensi membeli, kesepian-Parasocial relationship, Purchase intention, Loneliness
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:22
Last Modified: 20 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220955
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Syifa Febriyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item