Analisis Brand Relationship NCT dalam Membangun Brand Engagement Antara Idola K-pop dan Penggemar

Wardani, Savitri Anggita Kusuma and Dian Tamitiadini, S.I.Kom., M.Si (2023) Analisis Brand Relationship NCT dalam Membangun Brand Engagement Antara Idola K-pop dan Penggemar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini K-pop merupakan sebuah budaya populer yang sedang ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan, khususnya remaja dan dewasa muda, di berbagai belahan dunia. Pesatnya perkembangan dan penyebaran K-pop sebagai sebuah fenomena budaya global tidak lepas dari peran penggemar K-pop. NCT merupakan salah satu grup idola K-pop yang saat ini memiliki penggemar di berbagai belahan dunia hingga akhirnya mereka dapat melakukan tur dunia di berbagai negara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui model pembentukan brand relationship NCT dalam membangun brand engagement dengan para penggemarnya. Penelitian ini kemudian menggunakan model brand relationship yang dikembangkan oleh Chang dan Chieng serta model brand engagement oleh Malthouse dan Calder. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan proses wawancara mendalam bersama lima penggemar NCT yang mulai menyukai NCT sejak tahun 2020. Proses pembahasan dari data yang diperoleh kemudian menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang melibatkan tiga proses, yaitu reduksi data, analisis data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini kemudian menunjukkan bahwa pemaknaan penggemar terhadap hubungan antara dirinya dan NCT sebagai grup idola K-pop yang mereka sukai merupakan kunci dari model pembentukan brand relationship NCT dalam membangun brand engagement dengan penggemarnya. Kedalaman hubungan tersebut kemudian mendorong penggemar NCT untuk mengivestasikan waktu, tenaga, pikiran, hingga materi untuk NCT secara sadar dan sukarela.

English Abstract

Nowadays, K-pop is a pop culture that is being widely discussed by various groups of age, particularly teenagers and young adults, in many parts of the world. The rapid development and spread of K-pop as a global cultural phenomenon can not be separated from the role of the K-pop fans itself. NCT is one of K-pop idol group that currently has a huge fandom from any countries, that can be seen from their world tour activities on various countries. This research was conducted with the aim to finding out the NCT's brand relationship approach model in building brand engagement with their fans. This research then uses the brand relationship model by Chang and Chieng along with brand engagement model by Malthouse and Calder. An in-depth interview with five NCT's fans were conducted to obtain the required data and the data will be presented in qualitative descriptive format. Miles and Huberman analysis model which involves data reduction, data analysis, and verfication is used in this research. The data result then reveal that fans interpretation of the relationship between themselves and NCT is likely the key of NCT's brand relationship approach model in bulding brand engagement with their fandom. The depth of the relationship will encourage the fandom to invest their time, energy, thoughts, and materials for NCT conciously and freely

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Brand relationship, brand engagement, perilaku konsumen, K-pop, NCT-Brand relationship, brand engagement, consumer behavior, K-pop, NCT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:22
Last Modified: 20 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220953
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Savitri Anggita Kusuma Wardani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item