Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ikan Hias di Pasar Ikan Hias Splendid, Kecamatan Klojen, Kota Malang

Meiananta, Hafizh Arriba and Dr. Zainal Abidin, S.Pi., MBA., MP (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ikan Hias di Pasar Ikan Hias Splendid, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki ragam spesies ikan hias dengan jumlah besar yang terbagi atas ikan hias tawar dan ikan hias air laut (Kementerian Pertahanan, 2018). Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (2021), Jumlah Ikan hias air tawar diperkirakan berjumlah kurang lebih 400 spesies, sedangkan jumlah pada ikan hias air laut berjumlah 200 spesies. Nilai ekspor ikan hias di Indonesia mencapai $34.550.000,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kebijakan ekonomi biru yang diusung KKP, telah berhasil mendorong Indonesia untuk ikut andil dalam eksportir terbesar ikan hias di dunia bersama dengan jepang. Salah satu kota di Indonesia yang memanfaatkan perdagangan ikan hias yaitu Kota Malang tepatnya di Pasar Spendid. Pasar Splendid berada di Jalan Brawijaya Kota Malang. Pasar ini ramai dikunjungi oleh masyarakat Malang hingga luar kota, khususnya para penggemar ikan hias. Menjadi sentra dalam pengembangan usaha ikan hias, membuat Pasar Splendid tidak pernah sepi pengunjung. Beragam jenis ikan hias yang dijual di pasar tersebut, diantaranya ikan koi, cupang, discus, komet, lemon, sumatra, palmas, manvis, guppy, arwana, dan masih banyak lagi. Dengan beragam banyak jenis menjadikan faktor masyarakat untuk melakukan keputusan pembelian ikan hias. Faktor – faktor yang menjadi pengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian ikan hias diantaranya, faktor bauran pemasaran, faktor manfaat keindahan yang terkandung pada ikan hias, faktor kelas sosial, yang menjadikan masyarakat minat dan melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen pada saat melakukan pembelian ikan hias di Pasar Splendid, Kota Malang, Jawa Timur, Untuk mengidentifikasi bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian ikan hias di Pasar Splendid, Kota Malang,Jawa Timur, serta untuk menganalisis faktor-fakto utama yang mempengaruhi keputusan dalam memilih ikan hias di Pasar Ikan Hias Splendid. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, dimulai pada bulan Februari – Maret 2024 di Pasar Ikan Hias Splendid,Klojen,Kota Malang,Jawa Timur melalui pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 140 orang yang pernah melakukan pembelian ikan hias selama satu tahun terakhir dengan kriteria batas usia minimal 17 tahun. Analisis data yang digunakan pada penelitiana ini yaitu menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif. Hasil yang di dapatkan pada penelitian ini menunjukan bahwa hubungan antara manfaat keindahan memiliki pengaruh tertinggi terhadap minat pembelian,kemudian kelas sosial menjadi prioritas efektivitas utama. Dimana konsumen melakukan pembelian ikan hias tergantung terhadap pendapatan yang di dapatkan dengan pengeluaran untuk melakukan pembelian ikan hias di Pasar Splendid. Selain itu meningkatkan tingkat bauran pemasaran dalam penjualan ,sehingga mampu meningkatkan daya minat konsumen selain itu juga jenis ikan hias yang beranekaragam menjadikan minat konsumen terhadap manfaat keindahan ikan hias mampu menjadi daya tari untuk melakukan keputusan pembeli. Peran mediasi minat pembelian mampu memutuskan keputusan pembelian atau dalam artian minat pembelian digunakan dalam membentuk keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa manfat keindahan,kelas sosial mampu mempengaruhi minat pembelian untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian ikan hias di Pasar Splendid, Kota Malang. Saran untuk lokasi Pasar Splendid, Klojen, Kota Malang adalah Bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian ikan hias. Sehingga penjual ikan hias dapat menjadikan faktor bauran pemasaran untuk di terapkan atau ditingkatkan agar konsumen dapat mudah melakukan keputusan pembelian ikan hias. Manfaat Keindahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ikan hias untuk terus ditingkatkan sehingga menjadikan konsumen tertarik untuk melakukan keputusan pembelian di Pasar Splendid daripada pasar ikan hias lainnya. Kelas sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian ikan hias. Sehingga penjual ikan hias dapat menjadikan faktor kelas sosial sebagai pedoman seperti ikan hias yang lagi trend ataupun kelas sosial berupa pendapatan yang di dapat oleh masyarakat sekitar harus di sesuaikan agar konsumen lebih memilih melakukan keputusan pembelian ikan hias di Pasar Ikan Hias Splendid daripada pasar ikan lainnya

English Abstract

Indonesia has a large variety of ornamental fish species, divided into freshwater ornamental fish and saltwater ornamental fish (Ministry of Defense, 2018). According to the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries (2021), the number of freshwater ornamental fish is estimated at approximately 400 species, while the number of seawater ornamental fish is 200 species. The export value of ornamental fish in Indonesia reached $34,550,000.00. These results show that the blue economy policy promoted by the KKP has succeeded in encouraging Indonesia to take part in being the largest exporter of ornamental fish in the world along with Japan. One of the cities in Indonesia that utilizes the ornamental fish trade is Malang City, specifically the Spendid Market. Splendid Market is on Jalan Brawijaya, Malang City. This market is busy with people from Malang and outside the city, especially ornamental fish fans. Being a center for developing the ornamental fish business means that Splendid Market is never empty of visitors. Various types of ornamental fish are sold at the market, including koi, betta, discus, comet, lemon, Sumatran, palmas, manvis, guppy, arowana, and many more. With so many different types, it is a factor for people to make decisions about purchasing ornamental fish. Factors that influence decision making to purchase ornamental fish include marketing mix factors, beauty benefits contained in ornamental fish, social class factors, which make people interested and make purchasing decisions. This research aims to determine the characteristics of consumers when purchasing ornamental fish at Splendid Market, Malang City, East Java, to identify the consumer decision making process in purchasing ornamental fish at Splendid Market, Malang City, East Java, and to analyze factors. -The main factors that influence the decision in choosing ornamental fish at the Splendid Ornamental Fish Market. This research was carried out for approximately one month, starting in February – March 2024 at the Splendid Ornamental Fish Market, Klojen, Malang City, East Java using a quantitative descriptive approach. The sample used in this research was 140 people who had purchased ornamental fish in the past year with a minimum age limit of 17 years. Data analysis used in this research uses the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis The results obtained in this research show that the relationship between the benefits of beauty has the highest influence on purchase intention, then social class becomes the main effectiveness priority. Where consumers buy ornamental fish depends on the income they get from spending on purchasing ornamental fish at the Splendid Market. Apart from that, increasing the level of marketing mix in sales, so that it can increase consumer interest, apart from that, the various types of ornamental fish make consumer interest in the benefits of the beauty of ornamental fish able to become a driving force in making purchasing decisions. The mediating role of purchasing interest is being able to decide purchasing decisions or in the sense that purchasing interest is used in forming purchasing decisions. This shows that the benefits of beauty and social class are able to influence purchasing intentions to influence consumers in making decisions to purchase ornamental fish at the Splendid Market, Malang City. Suggestions for the Splendid Market location, Klojen, Malang City are the marketing mix which influences the decision to purchase ornamental fish. So ornamental fish sellers can implement or improve marketing mix factors so that consumers can easily make decisions about purchasing ornamental fish. The benefits of beauty influence the decision to purchase ornamental fish to continue to be improved so that consumers are interested in making purchasing decisions at the Splendid Market compared to other ornamental fish markets. Social class influences the decision to purchase ornamental fish. So ornamental fish sellers can use social class factors as a guide, such as ornamental fish that are trending or social class in the form of income that the local community can get must be adjusted so that consumers prefer to make decisions about purchasing ornamental fish at the Splendid Ornamental Fish Market rather than other fish markets

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524080095
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:17
Last Modified: 13 Jun 2024 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220857
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hafizh Arriba Meiananta.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item