Corporate Social Responsibility (Csr) Berbasis Kearifan Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif pada Strategi Public Relations dalam Memelihara Hubungan dengan Masyarakat Ring I PT Petrokimia Gresik)

Syifaul Mudawwamah, Sylva (2024) Corporate Social Responsibility (Csr) Berbasis Kearifan Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif pada Strategi Public Relations dalam Memelihara Hubungan dengan Masyarakat Ring I PT Petrokimia Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Membangun hubungan baik dengan stakeholder sangat penting dilakukan oleh perusahaan, masyarakat lokal sebagai stakeholder utama turut berperan penting dalam menunjang kelanggengan dan eksistensi perusahaan. Menghadapi hal ini public relations memerlukan strategi yang efektif agar hubungan baik dengan masyarakat dapat terjalin, oleh karena itu tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi public relations dalam memelihara hubungan dengan masyarakat ring 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan konstruktivis. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi non partisipan, wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Informan kunci diperoleh melalui teknik purposive sampling sehingga informan kunci pada penelitian ini merupakan public relations PT Petrokimia Gresik dan masyarakat ring 1 perusahaan. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian dapat diketahui bahwa public relations PT Petrokimia Gresik menggunakan kearifan lokal sebagai basis strategi CSR untuk memelihara hubungan dengan masyarakat ring 1. CSR dilakukan dengan mempertimbangkan dan mengadopsi kearifan lokal agar memudahkan public relations membangun kedekatan, mendapatkan kepercayaan masyarakat ring 1, dan CSR keberlanjutan. Strategi yang dilakukan public relations ini diterapkan secara efektif, hal ini dibuktikan dengan terjalinnya hubungan baik saling membantu yang komunikatif dan interaktif antara perusahaan dan masyarakat ring 1.

English Abstract

Building good relationships with stakeholders is very important for companies, local communities as the main stakeholders also play an important role in supporting the sustainability and existence of the company. Facing this, public relations requires an effective strategy so that good relations with the community can be maintained, therefore the aim of this research is to find out and understand public relations strategies in maintaining relationships with ring 1 communities. This research uses a qualitative approach with a descriptive qualitative method with a constructivist. Data collection was carried out through non-participant observation techniques, in-depth interviews and documentation. Key informants were obtained through a purposive sampling technique so that the key informants in this research were the public relations of PT Petrokimia Gresik and the company's ring 1 community. Based on the results of data analysis in the research, it can be seen that PT Petrokimia Gresik's public relations uses local wisdom as the basis for its CSR strategy to build relationships with the Ring 1 community. CSR is carried out by considering and adopting local wisdom to make it easier for Public Relations to build closeness, gain the trust of the Ring 1 community, and sustainbility. Strategy Public relations is implemented effectively, this is proven by the establishment of a good relationship of mutual assistance that is communicative and interactive between the company and the ring 1 community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:11
Last Modified: 10 Jun 2024 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220792
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sylva Syifaul Mudawwamah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item