Zanneti Mallarangi, Shellta (2024) Pengaruh Attractiveness Stray Kids Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Brand Awareness Merek Skincare Nacific di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Brand awareness merupakan kemampuan sebuah merek untuk muncul dalam benak konsumen ketika sedang memikirkan kategori produk tertentu dan seberapa mudahnya konsumen untuk mengenali atau mengingat sebuah merek (Kotler & Keller, 2016). Terdapat banyak strategi komunikasi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness, salah satunya adalah dengan menggunakan celebrity endorser dalam mempromosikan merek. Di Indonesia sendiri, penggunaan celebrity endorser bukan merupakan strategi komunikasi pemasaran yang baru. Akan tetapi, strategi komunikasi pemasaran yang satu ini semakin masif penggunaannya seiring dengan meningkatnya popularitas K-Pop di Indonesia. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini akan melihat pengaruh attractiveness Stray Kids sebagai celebrity endorser terhadap brand awareness merek skincare Nacific. Teori yang digunakan adalah The Source Attractiveness Model yang mengkaji pengaruh celebrity endorser berdasarkan dimensi attractiveness atau daya tariknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif atau explanatory research dengan metode atau pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada minimal 96 responden dengan kriteria pengguna skincare di Indonesia yang merupakan pengguna internet aktif baik followers maupun non-followers akun Instagram Nacific Indonesia (@nacificofficial.id) dan pernah melihat konten promosi Nacific X Stray Kids di Instagram. Data hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi liner berganda dan menunjukkan bahwa attractiveness Stray Kids sebagai celebrity endorser memiliki pengaruh sebesar 51,7% terhadap brand awareness merek skincare Nacific di Indonesia. Sementara sisanya sebesar 48,3% menunjukkan brand awareness dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
English Abstract
Brand awareness is the ability of a brand to appear in the minds of consumers when thinking about certain product categories and how easy it is for consumers to recognise or remember a brand (Kotler & Keller, 2016). There are many marketing communication strategies that can be used to increase brand awareness, one of them is by using celebrity endorsers in promoting brands. In Indonesia itself, the use of celebrity endorsers is not a new marketing communication strategy. However, this marketing communication strategy is increasingly massive in use along with the increasing popularity of K-Pop in Indonesia Based on this phenomenon, this study will take a look at the impact of Stray Kids' attractiveness as a celebrity endorser on brand awareness of Nacific. The theory that is used in this research is The Source Attractiveness Model which examines the influence of celebrity endorsers based on their attractiveness aspect. This type of research is explanatory research with a quantitative method. Data collection was carried out by distributing online questionnaires to at least 96 respondents with the criteria of skincare users in Indonesia who are active internet users, both followers and non-followers of the Nacific Indonesia Instagram account (@nacificofficial.id) and have seen Nacific X Stray Kids promotional content on Instagram. The research data was then processed using multiple liner regression analysis techniques and showed that the attractiveness of Stray Kids as a celebrity endorser had an influence of 51,7% on brand awareness of the Nacific skincare brand in Indonesia. While the remaining 48,3% shows brand awareness is influenced by other variables that are not being examined in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:58 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220786 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shellta Zanneti Mallarangi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |