Political branding Partai Buruh (Strategi Branding Politik Komite Eksekutif Partai Buruh dalam membentuk Brand Identity)

Arif, Muhammad (2023) Political branding Partai Buruh (Strategi Branding Politik Komite Eksekutif Partai Buruh dalam membentuk Brand Identity). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka memperluas kajian branding politik terkhusus pada pendekatan brand identity pada partai politik. Strategi yang dilakukan dengan menganalisis pengelolaan manajemen merek partai untuk membentuk brand identity dengan menggunakan teori yang dikembangkan oleh Albert Kobby Mensah (2011) yaitu Political Brand Architecture Theory (PBA). Partai Buruh adalah Partai yang satu-satunya berdiri dari berbagai federasi serikat pekerja di Indonesia. Partai Buruh memfokuskan diri untuk memperoleh pendukung dari segmentasi buruh. Hal tersebut dikarenakan jumlah buruh di Indonesia mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai segmen pemilih. Namun, survei Litbang Kompas RFC/YOH menunjukkan tingkat popularitas dan akseptabilitas Partai Buruh tidak sebanding dengan tingkat elektabilitasnya pada pemilu 2024. Keterlibatan aktif informan sebagai objek penelitian dalam studi yang dibuat oleh penulis memudahkan penelitian karena dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap fenomena yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukkan eksekutif komite Partai Buruh mampu mengelola tiga elemen brand mereka dengan membentuk identitas politik nya sebagai partai kelas pekerja. Namun, Partai Buruh masih perlu mengevaluasi penyampaian citra partai nya secara luas. Penggunaan media telah digunakan oleh Partai Buruh seperti Youtube, Website, Instagram, Facebook, dan Twitter, dan program Salam Satu Pabrik (SASAPA) juga menjadi program yang dijadikan untuk mendapatkan segmen pemilih terkhusus para buruh. Partai Buruh juga membuat slogan “We Are The Working Class” sebagai bentuk representatif Partai Buruh kepada kelas pekerja. Tantangan yang dihadapi Partai ini tentu saja pada kesadaran partai akan keterbatasan Partai Buruh untuk meyakinkan seluruh kelas pekerja untuk menetapkan pilihannya kepada partai ini dan memperluas segmen pemilihnya selain kelas pekerja.

English Abstract

his research is conducted to expand the study of political branding, particularly focusing on the brand identity approach in political parties. The strategy is carried out by analyzing the management of party brand management to form brand identity using the theory developed by Albert Kobby Mensah (2011), namely Political Brand Architecture Theory (PBA). The Labor Party is the only party formed from various labor federations in Indonesia. The Labor Party focuses on gaining support from the labor segment because the number of workers in Indonesia has the potential to be a voting segment. However, surveys by Litbang Kompas RFC/YOH show that the popularity and acceptability levels of the Labor Party do not match its electability level in the 2024 elections. The active involvement of informants as research subjects in the study made by the author facilitates the research by providing a better understanding of the phenomena under study. The research results show that the executive committee of the Labor Party is able to manage their three brand elements by forming their political identity as a working-class party. However, the Labor Party still needs to evaluate the delivery of its party image more broadly. The use of media has been employed by the Labor Party such as Youtube, Websites, Instagram, Facebook, and Twitter, and the Salam Satu Pabrik (SASAPA) program has also been used to target specific voter segments, especially workers. The Labor Party also created the slogan "We Are The Working Class" as a representative form of the Labor Party to the working class. The challenge faced by this party lies in the party's awareness of the limitations of the Labor Party to convince all workers to choose this party and expand its voter segments beyond the working class

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:27
Last Modified: 10 Jun 2024 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220589
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD ARIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item