Peran Perceived Social Support Terhadap Psycological Distress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Menyelesaikan Tugas Akhir

Putri Listyani, Mareta (2023) Peran Perceived Social Support Terhadap Psycological Distress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Menyelesaikan Tugas Akhir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tugas dan kewajiban seorang mahasiswa ialah menyelesaikan masa studinya serta memiliki peranan penting dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional. Tugas akhir hadir sebagai syarat kelulusan sehingga gelar kesarjanaan berhak ia sandang. Dalam proses penyusunan tugas akhir tak lepas dari resiko, salah satunya tuntutan dan pengharapan dari lingkungan sekitar. Hal ini tentu saja menjadi beban bagi mereka yang memicu terjadinya distres psikologis, sehingga untuk menghadapi hal ini keyakinan akan adanya dukungan sosial dapat membantu mahasiswa akhir dalam menghadapi masa-masa sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perceived social support terhadap psycological distress pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasional menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan subjek mahasiswa tingkat akhir di Universitas Brawijaya Malang dengan total jumlah responden sebanyak 150 responden yang terdiri dari 118 responden berjenis kelamin perempuan dan 32 responden berjenis kelamin laki-laki. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) skala penelitian yaitu Multidimensional scale of Perceived social support (MSPSS) dan Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25). Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi p = 0.085 ( p > 0.05) bahwa tidak terdapat peran yang signifikan antara peran perceived social support terhadap psycological distress pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir.

English Abstract

One of the duties and obligations of a student is to complete his study period and have an necessary role in realizing the ideals of national development. The final project is present as a graduation requirement so he is entitled to a bachelor's degree. The process of compiling the final project is not free from risks, one of which is the demands and expectations of the surrounding environment. This becomes a burden for them which triggers psychological distress, so to deal with this belief in social support can help final students dealed with difficult times. This study aims to determine the role of perceived social support on psychological distress in final-year students who were completing their final assignment. The design of this research is quantitative correlation using simple linear regression analysis with the subject of final-year students at Brawijaya University in Malang, total respondents was 150 respondents consisting of 118 female respondents and 32 male respondents. This study used 2 (two) research scales, namely the Multidimensional scale of Perceived social support (MSPSS) and the Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25). The results of this research show a significance value of p = 0.085 (p > 0.05) that there is no significant role between the role of perceived social support in psychological distress in final year students who are completing their final assignments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:44
Last Modified: 10 Jun 2024 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220583
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mareta Putri Listyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item