Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet pada Pembelajaran Kaidah Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA

Hariyadi, Wilhelmina and Jamila Wijayanti, S.S., M.Pd (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet pada Pembelajaran Kaidah Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, media pembelajaran yang dikembangkan berupa media kartu kuartet bernama KABASASTI: Kaidah Bahasa dan Sastra Indonesia pada pembelajaran kaidah bahasa dan sastra Indonesia yang ditujukan untuk siswa SMA kelas X, XI, dan XII. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menciptakan produk media pembelajaran berupa kartu kuartet yang dapat membantu siswa sekolah menengah atas dalam memahami kaidah bahasa dan sastra Indonesia dan menilai kelayakan produk media pembelajaran kartu kuartet pada pembelajaran kaidah bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian oleh Plomp dan Ely dengan menggunakan enam tahapan dengan uji validitas yang termasuk di dalamnya untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Pada tahapan uji validitas, diperoleh persentase sebesar 91,25% pada aspek kelayakan media kartu kuartet dan 73% pada aspek kelayakan materi dengan beberapa saran dan masukan yang diberikan. Dengan besaran persentase tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori layak untuk diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran kaidah bahasa dan sastra Indonesia.

English Abstract

In this study, the developed learning media in the form of quartet cards named KABASASTI: Indonesian Language and Literature Rules, aimed at teaching Indonesian language and literature rules to high school students in grades X, XI, and XII. The purpose of this developmental research is to produce a learning media product in the form of quartet cards for teaching Indonesian language and literature rules in high schools and to assess the feasibility of the quartet card learning media for teaching Indonesian language and literature rules in high schools. This developmental research used the research model proposed by Plomp and Ely, involving six stages with validity testing included to determine the appropriateness of the developed learning media. In the validity testing stage, a percentage of 91.25% was obtained for the feasibility aspect of the quartet card media and 73% for the feasibility aspect of the content, with several suggestions and inputs provided. With these percentage values, the developed learning media falls into the category of being suitable for testing in Indonesian language and literature teaching activities at high schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120062
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Kuartet, Kaidah Bahasa dan Sastra Indonesia-Development, Learning Media, Quartet Card, Indonesia Language and Literature Rules
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:33
Last Modified: 12 Jun 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220574
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wilhelmina Hariyadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Actions (login required)

View Item View Item