Implementasi Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking “Connect Word Challenge” pada Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X

Khayatun, Nur and Vanda Hardinata, S.Pd., M.Pd (2024) Implementasi Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking “Connect Word Challenge” pada Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyampaian materi ajar oleh guru memang tidak selamanya berjalan dengan mudah dan menyenangkan. Berkaca dari hal tersebut, maka guru memerlukan sebuah metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran Joyful Learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Joyful Learning berbasis ice breaking pada pembelajaran teks negosiasi kelas X-1 SMAN 01 Batu. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Joyful Learning berbasis ice breaking pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks negosiasi dapat menjadikan semangat belajar siswa bertambah dan siswa menjadi lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru. Adapun persentase untuk bertambahnya semangat belajar siswa memeroleh persentase 70% dengan kategori sangat setuju dan 30% dengan kategori setuju. Sementara itu, persentase untuk kemudahan siswa dalam memahami materi yang diajarkan mendapat persentase 67% dengan kategori sangat setuju dan 33% dengan kategori setuju. Keduanya didasarkan pada hasil kuisioner yang telah dibagikan kepada siswa kelas X-1 SMAN 01 Batu serta didapat melalui hasil tes tertulis KD menulis teks negosiasi berbentuk naratif yang dilaksanakan di kelas X-1 SMAN 01 Batu

English Abstract

The delivery teaching material by teachers is not always easy and enjoyable. Reflecting on this, teachers need a learning method that is fun and interesting for students. The learning method that can be applied is the Joyful Learning method. The aim of this research is to describe the application of the ice breaking-based Joyful Learning method in learning negotiation texts for class X-1 SMAN 01 Batu. The research method used by the author is descriptibe qualitative with data collection techniques in the form of questionnaires, observation, documentation, and written test. The results of this research state that the application of the ice breaking-based Joyful Learning method in the Indonesian language learning subject negotiation text material can increase students enthusiasm for learning and make it easier for students to understand the material taught by the teacher. The percentage for increasing students enthusiasm for learning was 70% in the strongly agree and 30% in the agree category. Meanwhile, the percentage for increasing students understanding of the material being taught was 67% in the strongly agree category and 33% in the agree category. Both are based on the results of a questionnaire that has been distributed to class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120057
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning, ice breaking, teks negosiasi-Joyful Learning, ice breaking, negotiation text
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:33
Last Modified: 12 Jun 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220567
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Khayatun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item