Halim Fernomel, Guido (2023) Peran Social Isolation & Loneliness Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Pada Masa Pasca Pandemi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Meningkatnya isu-isu social isolation dan loneliness pada masa pandemi, juga hasil penelitian sebelumnya terkait dengan kenaikan atau penurunan tingkatan social isolation dan loneliness setelah diringankannya kebijakan pembatasan sosial yang masih kontradiktif membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini khususnya pada populasi yang rawan yaitu mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran social isolation dan loneliness terhadap performa akademik mahasiswa pada masa pasca pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan mahasiswa sebagai subjek. Variabel social isolation diukur menggunakan Multidimensional Scale of Perceived Social Isolation (MSPSS). Variabel loneliness diukur menggunakan University of California, Los Angeles (UCLA) Loneliness Scale. Variabel performa akademik mahasiswa diukur menggunakan The Academic Success Inventory for College Students (ASICS). Teknik analisis yang digunakan adalah dengan regesi linear ganda menggunakan software IBM SPSS Statistics 25.0. Total jumlah subjek yang diikutsertakan dalam penelitian ini berjumlah 130 subjek (laki laki 52.3%; perempuan 47.7%) dengan rentang usia 18-24 tahun (Mean 20.9; SD 1.52). Hasil penelitian menemukan bahwa tidak ditemukan peran secara simultan antara social isolation dan loneliness terhadap performa akademik mahasiswa pada masa pasca pandemi. Selain itu tidak ditemukan pula peran secara parsial antara masing masing variabel independen yaitu social isolation dan loneliness terhadap performa akadamik mahasiswa pada masa pasca pandemi.
English Abstract
The increasing issues of social isolation and loneliness during pandemic, along with previous research contradictive findings regarding the increase or decrease in level of social isolation and loneliness following the easing of social restriction have motivated researcher to conduct this study. This study aims to understand the role of social isolation and loneliness toward college students’ academic performance in the post-pandemic period. Method used in this study is correlational quantitative approach, with college students as the subjects. The variable of social isolation is measured using the Multidimentional Scale of Social Isolation (MSPSS), while loneliness is measured using the University of California, Los Angeles (UCLA) Loneliness Scale. Students’ academic performance is measured using The Academic Success Inventory for College Students (ASICS). The analytical technique utilized is multiple linear regression conducted using IBM SPSS Statistics 25.0 software. Number of participants involved in this study was 130 subjects (males 52.3%; females 47.7%) aged between 18-24 years old (Mean 20.9; SD 1.52). The research findings indicate that there is no simultaneous effect of both social isolation and loneliness on students' academic performance in the post-pandemic period. Furthermore, no partial effects were found between the independent variables, social isolation and loneliness, and students' academic performance in the post-pandemic period
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052311 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:48 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220556 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Guido Fernomel.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |