Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata ke Telaga Sarangan Kabupaten Magetan

Saputro, Gloria Matri (2024) Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata ke Telaga Sarangan Kabupaten Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan dalam mempromosikan Pariwisata Telaga Sarangan. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara terhadap tiga informan dan dianalisis menggunakan model Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran wisata di Telaga Sarangan Magetan yang dilakukan oleh pihak pengelola dengan berfokus pada metode Word of Mouth atau komunikasi antar individu (dari mulut ke mulut) yang mengedepankan komunikasi yang interaktif antara komunikator dan komunikan, bahkan pihak komunikator juga harus memberikan jawaban yang memuaskan bagi komunikan. Pada implementasi dari strategi komunikasi pemasaran Telaga Sarangan Magetan meliputi lima tahapan, yaitu menerapkan strategi komunikasi WOM, melakukan personal selling dan promosi, melakukan promosi melalui media sosial dan internet, melakukan pembangunan infrastruktur untuk menunjang kenyamanan dan keamanan wisatawan sehingga wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Telaga Sarangan Magetan, dan terakhir melakukan evaluasi terhadap perencanaan program tersebut. Evaluasi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan yaitu meliputi berbagai unsur yang terlibat dalam Telaga Sarangan Magetan, mulai dari pihak pengelola hingga melibatkan survey terhadap pengunjung guna mengetahui dan mengukur kinerja pengelolan taman wisata. Secara periodik, evaluasi utama dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun sekali.

English Abstract

This research aims to determine the integrated marketing communication strategy of the Magetan Regency Tourism Office in promoting Sarangan Lake Tourism. This research applies a qualitative descriptive method. Data was obtained through interviews with three informants and analyzed using the Miles and Hubberman model. The results of the research show that the tourism marketing strategy in Telaga Sarangan Magetan carried out by the management focuses on the Word of Mouth method or communication between individuals (word of mouth) which prioritizes interactive communication between the communicator and the communicant, even the communicator must also provide answers. which is satisfying for the communicant. The implementation of the marketing communication strategy for Lake Sarangan Magetan includes five stages, namely implementing a WOM communication strategy, carrying out personal selling and promotions, carrying out promotions via social media and the internet, carrying out infrastructure development to support tourist comfort and safety so that tourists are interested in visiting Lake Sarangan. Magetan, and finally evaluate the program planning. The evaluation of marketing communications carried out includes various elements involved in Telaga Sarangan Magetan, starting from the management to involving surveys of visitors to find out and measure the performance of tourist park management. Periodically, the main evaluation is carried out once a year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:56
Last Modified: 07 Jun 2024 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220554
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gloria Matri S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item