Analisis Retorika Politik Anies Baswedan, Ganjar Pranowo Dan Prabowo Subianto Dalam Video Mata Najwa Episode “3 Bacapres Bicara Gagasan

Ajeng Joe’anira, Dewi (2024) Analisis Retorika Politik Anies Baswedan, Ganjar Pranowo Dan Prabowo Subianto Dalam Video Mata Najwa Episode “3 Bacapres Bicara Gagasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterbatasan riset tentang retorika tokoh politik khususnya calon presiden dalam masa pemilihan umum yang masih terbatas pada forum penyampaian gagasan yang dilaksanakan oleh lembaga pemerintahan. Beberapa riset tentang topik tersebut menunjukkan bahwa gagasangagasan yang disampaikan oleh para tokoh masih terkungkung pada normatifitas dan eufemisme yang kurang menunjukkan adanya keterbukaan dalam menyampaikan gagasan. Maka demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyampaian retorika para calon presiden Indonesia 2024 dalam forum penyampaian gagasan yang dilaksanakan dalam program Mata Najwa selaku lembaga media independen non-pemerintahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivis untuk memahami bagaimana konstruksi retorika ketiga capres yang dikaji dengan pisau analisis teori retorika milik Aristoteles yang terdiri dari tiga elemen utama yakni ethos, pathos, dan logos yang dikontekstualisasikan pada narasi gagasan ketiganya dalam sesi “Spill Gagasan”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam forum "3 Bacapres Bicara Gagasan", Anies, Ganjar, dan Prabowo masing-masing menunjukkan adanya konsistensi dan keterbukaan dalam membentuk otoritas dirinya melalui ide gagasan ketiganya yakni Anies yang berfokus untuk mengkritisi irelevansi tujuan bangsa dan berupaya menyisipkan keadilan dalam setiap strateginya, Ganjar yang menawarkan mentalitas untuk melihat tantangan sebagai peluang untuk memajukan bangsa, dan Prabowo yang secara implisit menunjukkan bahwa latar belakangnya masih sangat berpengaruh pada caranya memandang Indonesia dan merumuskan strategi untuk kemajuan bangsa yang cenderung mengadopsi gaya politik transaksional.

English Abstract

This research is motivated by the phenomenon of limited research on the rhetoric of political figures, especially presidential candidates during the election period, which is still limited to the forum for conveying ideas carried out by government institutions. Several studies on the topic show that the ideas conveyed by the figures are still trapped to normativity and euphemisms that show less transparency in conveying ideas. Thus, this research aims to find out how the rhetorical delivery of the 2024 Indonesian presidential candidates in the idea delivery forum held in Mata Najwa as an independent non-governmental media institution. The method applied in this research is descriptive qualitative using a constructivist paradigm to understand how the rhetorical construction of the three presidential candidates is studied with Aristotle's rhetoric theory analysis tool consisting of three main elements which are ethos, pathos, and logos which are contextualized in the narrative of the three ideas in the "Spill Gagasan" session. The results showed that in the "3 Bacapres Bicara Gagasan" forum, Anies, Ganjar, and Prabowo each showed consistency and transparency in forming their authority through their ideas, Anies who focused on criticizing the irrelevance of the nation's goals and tried to insinuate equity in every strategy, Ganjar who offered a mentality to see challenges as opportunities to advance the nation, and Prabowo who implicitly showed that his background was still very influential in the way he viewed Indonesia and formulating strategies for the improvement of the nation which tended to adopt a transactional political style.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:45
Last Modified: 07 Jun 2024 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220550
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dewi Ajeng Joe'anira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item