How Do EFL Students Across Gender Perceive Classpoint toward their Motivation in Learning English?

Ramadhani, Frenni Shalsabillah and Dr. Frida Unsiah, S.Pd., M.Pd (2024) How Do EFL Students Across Gender Perceive Classpoint toward their Motivation in Learning English? Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Classpoint merupakan salah satu gamifikasi yang terkenal di kalangan para guru. Namun, karena jumlahnya yang kurang, seharusnya dilakukan lebih banyak penelitian terkait implementasi Classpoint. Studi ini bertujuan untuk mencari perbedaan antara persepsi siswa laki-laki dan perempuan terkait motivasi dan sikap mereka terhadap penggunaan Classpoint dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dengan mengaplikasikan penelitian kuantitatif, 61 siswa SMA BSS (Brawijaya Smart School) berpartisipasi dalam riset ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tersusun atas 21 item menggunakan skala Likert yang mencakup tiga topik (motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa, serta sikap terhadap penggunaan Classpoint). Analisis data menggunakan SPSS 27 dan t-test untuk mencari perbedaan yang signifikan pada hasil penelitian ini. Data yang diperoleh menunjukan siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar Bahasa Inggris, dan gender mempengaruhi pandangan siswa terhadap motivasi belajar dan sikap mereka. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa siswa perempuan memiliki motivasi belajar dan sikap yang lebih tinggi dalam penggunaan Classpoint pada kelas Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Gender siswa berpengaruh secara signifikan terhadap pandangan mereka pada motivasi belajar intrinsik dan sikap dalam belajar Bahasa Inggris. Untuk motivasi ekstrinsik, tidak ada indikasi perbedaan yang signifikan. Dapat terlihat pula bahwa penggunaan Classpoint lebih meningkatkan motivasi intrinsik dibandingkan motivasi ekstrinsik siswa. Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa siswa laki-laki kurang memiliki motivasi ekstrinsik. Pengajar Bahasa Inggris seharusnya dapat memotivasi dan mendorong siswa laki-laki untuk terlibat dalam pembelajaran dengan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, hadiah, dan juga hukuman untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa laki-laki.

English Abstract

Classpoint is one of the known gamifications among teachers. However, due to the limited number, more research needs to be done on Classpoint implementation. This study seeks the difference between male and female students' perceptions of motivation and attitudes toward using Classpoint in EFL learning. Applying quantitative research, 61 EFL high school students of Brawijaya Smart School participated in this research. The instrument used in this study was a questionnaire consisting of 21 items using a Likert-type scale—the chosen items comprised three topics (students' intrinsic and extrinsic motivation and attitudes toward using Classpoint). The data analysis uses SPSS 27 and t-test to seek the significance of the result of the present study. The result shows that students have a high motivation rate in learning English, and gender affects students' perceptions of learning motivation and attitudes. This research also indicates that female students have a higher motivation rate and attitude toward using Classpoint in EFL classrooms. Students across genders significantly affect students' perception of intrinsic motivation and attitudes. As for extrinsic motivation, it doesn't indicate a significant difference. It also showed that utilizing Classpoint augments intrinsic motivation better than extrinsic motivation. The result implies that male students lack extrinsic motivation. English teachers should motivate and encourage male students to participate in the learning process by providing fun activities, rewards, and decent punishment to boost male students' extrinsic motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120055
Uncontrolled Keywords: Classpoint; Language Learning; Motivation; EFL Students-Classpoint; Pembelajaran Bahasa; Motivasi; Pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:33
Last Modified: 12 Jun 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220546
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Frenni Shalsabillah Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item