Kredibilitas dan Minat Beli (Studi Korelasional antara Kredibilitas Beauty Influencer dengan Minat Beli Pengguna Instagram pada Produk Skincare Somethinc)

Farrahsasti Kusuma Putri Prabowo, Ayudita (2023) Kredibilitas dan Minat Beli (Studi Korelasional antara Kredibilitas Beauty Influencer dengan Minat Beli Pengguna Instagram pada Produk Skincare Somethinc). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu kegiatan pemasaran yang maju pada sosial media Instagram saat ini yaitu industri kecantikan. Dengan kemajuan industri kecantikan pada sosial media Instagram, semakin bervariatif juga cara dari suatu brand dalam mempromosikan produk-produknya. Contohnya dengan kegiatan endorsement bersama Beauty Influencer. Tasya Farasya adalah Beauty Influencer dengan jumlah pengikut Instagram yang terbanyak di Indonesia. Memiliki pengalaman yang mumpuni serta profesionalitas saat me-review suatu produk, membuatnya dianggap sebagai salah satu Beauty Influencer yang kredibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level hubungan antara Kredibilitas Beauty Influencer Tasya Farasya, juga ketiga indikatornya: Trustworthiness, Expertiseness, dan Attractiveness, dengan minat beli pengikutnya pada akun sosial media Instagram @tasyafarasya pada produk skincare Somethinc. Populasi dalam penelitian ini adalah 6,3 juta pengikut akun @tasyafarasya, yang kemudian diambil sampel dengan menggunakan rumus slovin menjadi sebanyak 135 responden. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode survei dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson’s Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya level hubungan yang signifikan dan kuat antara Kredibilitas Beauty Influencer Tasya Farasya dengan minat beli pengikutnya pada akun sosial media Instagram @tasyafarasya pada produk skincare Somethinc, yaitu dengan nilai Sig. 0,000 (p < 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,730 (0,60 – 0,79: Hubungan kuat; tinggi). Selain itu, pada masing-masing indikator Kredibilitas Beauty Influencer Tasya Farasya juga didapatkan level hubungan yang signifikan dan kuat, dengan nilai Sig. 0,000 dan koefisien korelasi Trustworthiness sebesar 0,621; Expertiseness sebesar 0,619; dan Attractiveness sebesar 0,683. Selain itu, didapatkan juga.

English Abstract

Instagram is one of the social media that is widely used by Indonesian. One of the advanced marketing activities on Instagram currently is the beauty industry. With the progress of the beauty industry on Instagram, the ways in which brands promote their products are increasingly varied. An example, is endorsements with Beauty Influencer. Tasya Farasya is a Beauty Influencer with the largest number of Instagram followers in Indonesia. Having extensive experience and professionalism when reviewing a product, makes her considered as one of the credible Beauty Influencer. This thesis research aims to determine the level of relationship between Beauty Influencer Tasya Farasya’s credibility, as well as its three indicators: Trustworthiness, Expertiseness, and Attractiveness, with her follower’s purchase interest on the Instagram social media account @tasyafarasya for Somethinc’s skincare products. The population in this study is 6.3 million followers of the @tasyafarasya account, from which a sample of 135 respondents was then taken using slovin formula. The data in this research was obtained through a survey method by distributing questionnaires via Google Form, then the data was analyzed using the Pearson’s Correlation Product Moment test. The research results show that there is a significant and strong level of the correlation between Beauty Influencer Tasya Farasya’s credibility and her follower’s purchase interest on the Instagram account @tasyafarasya for Somethinc skincare products, which is proven by the Sig. value is 0,000 (p < 0,05) and the correlation coefficient is 0,73 (0,60 – 0,79: Strong correlation; high). Apart from that, each indicator of Beauty Influencer Tasya Farasya's credibility also obtained a significant and strong level of the correlation, with the Sig. value is 0,000 and the correlation coefficient of Trustworthiness is 0,621; Expertise is 0,619; and Attractiveness is 0,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:57
Last Modified: 07 Jun 2024 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220527
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ayudita Farrahsasti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item