Analisis Penggunaan Flipped Classroom Melalui Lingkungan Belajar Siswa: Perspektif Pembelajar EFL

Ananda, Salsabila Auliya and Devinta Puspita Ratri, S.Pd., M.Pd (2024) Analisis Penggunaan Flipped Classroom Melalui Lingkungan Belajar Siswa: Perspektif Pembelajar EFL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi pembelajaran menjadi salah satu hal penting dalam pengembangan proses dan pengalaman belajar siswa, salah satunya adalah Flipped Classroom. Ini merupakan salah satu inovasi dan metodologi pengajaran yang masih aktif dimanfaatkan oleh para pendidik saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif siswa tentang penggunaan flippedclassroom melalui lingkungan belajar mereka. Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain survei kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 100 mahasiswa semester lima dan tujuh jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Para siswa ini telah mengalami penggunaan kelas terbalik dalam pembelajaran mereka. Kuesioner tertutup melalui Google Formulir digunakan untuk mengumpulkan data dari para peserta tentang kemanjuran dan tantangan dalam menggunakan kelas terbalik di lingkungan mereka. Data penelitian ini dianalisis melalui statistik deskriptif. Berfokus pada hasil, meskipun penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa siswa merasa sulit berkonsentrasi di luar kelas karena gangguan atau gangguan. sebagian besar siswa memberikan pandangan positif terhadap penggunaan kelas terbalik, seperti yang ditunjukkan oleh efektivitasnya dalam membantu persiapan sesi offline dan meningkatkan tingkat partisipasi mereka

English Abstract

Learning innovation is one of the important things in the development of student learning process and experience, one of them is Flipped Classroom. It is one of teaching innovation and methodology that is still actively utilize by the educators nowadays. Therefore, this research is to analyze students' perspective about the use of flipped classroom through their learning environment. The research methodology used is a quantitative survey design. This research involved 100 fifth and seventh semester students majoring in English Language Education at Universitas Brawijaya. These students have experienced using the flipped classroom in their learning. A close-ended questionnaire via Google Form was used to collect data from the participants about the efficacy and challenges in using a flipped classroom through their environment. The data of this research were analyzed through descriptive statistics. Focused on the results, despite recent research indicates that some students find it difficult to concentrate outside of the classroom due to interruptions or distractions. most of students give their positive perspective toward the use of flipped classroom, as demonstrated by its effectiveness in assisting with offline session preparation and increasing their level of participations

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120052
Uncontrolled Keywords: EFL Learners’ Perception, Flipped Classroom, Learning Environment-Persepsi Pembelajar EFL, Flipped Classroom, Lingkungan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:14
Last Modified: 11 Jun 2024 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220506
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salsabila Auliya Ananda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item