Hafidh, Reinaldy Fawwas Al and Fatimah, S.Pd., M.Appl.Ling. (2024) EFL Students’ Perceptions of Using Bionic Reading Method to Improve Reading Speed and Comprehension. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Membaca merupakan hal yang mendasar dalam pendidikan tingkat tinggi, yang memungkinkan mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka dan memahami berbagai literatur penting dalam disiplin ilmu mereka. Selain itu, pilihan metode membaca juga mempengaruhi proses membaca seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa EFL, khususnya yang mempelajari Sastra Inggris di Universitas Brawijaya, dan hasil membaca mereka setelah menggunakan Metode Bionic Reading dalam proses kegiatan membaca mereka. Penelitian ini juga memiliki dua tujuan utama. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui perbedaan kecepatan membaca dan pemahaman mahasiswa EFL ketika membaca menggunakan metode membaca bionik dibandingkan dengan metode konvensional, sedangkan tujuan kedua adalah untuk mengetahui persepsi mereka mengenai pengaruh penggunaan Metode Membaca Bionik terhadap kecepatan membaca dan pemahaman mereka dibandingkan dengan metode konvensional. Data diperoleh dari penilaian membaca dan kuesioner yang didistribusikan kepada 15 mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Studi ini menemukan bahwa ada peningkatan positif dalam kecepatan membaca mahasiswa, dengan peningkatan rata-rata 10 kata per menit, serta pemahaman membaca mereka ketika membaca dengan Metode Membaca Bionik dibandingkan dengan membaca konvensional. Temuan lain dari penelitian ini adalah bahwa para mahasiswa memberikan umpan balik yang positif mengenai penerapan metode membaca ini. Selain itu, hasil penelitian yang komprehensif menunjukkan bahwa Metode Membaca Bionik dapat digunakan secara efektif oleh mahasiswa dan pendidik selama proses belajar-mengajar. Metode ini memiliki potensi untuk meningkatkan kecepatan membaca dan kemampuan pemahaman mereka.
English Abstract
Reading is fundamental to higher education, enabling students to broaden their knowledge and comprehend key texts in their discipline. Moreover, the choice of reading methods impacts someone’s reading process. This study aims to explore the perceptions of EFL students, particularly those studying English Literature at Universitas Brawijaya, and their reading result using the Bionic Reading Method. This study also has two main objectives. The first objective is to find out the difference in reading speed and comprehension of EFL students when reading using the bionic reading method compared to the conventional method, while the second one is to know their perception regarding the influence of using Bionic Reading Method on their reading speed and comprehension compared to the conventional method.This study is a descriptive qualitative research. Data were obtained from reading assessment and questionnaires distributed to 15 English Literature students of Universitas Brawijaya who were selected based on the predetermined criteria. The study found that there was a positive increase in the students’ reading speed, with the average improvement of 10 words per minute (WPM), as well as their reading comprehension when reading with the Bionic Reading Method compared to conventional reading. Another finding of this study was that the students expressed positive feedback regarding the implementation of this reading method. Furthermore, the comprehensive results of the research indicate that the Bionic Reading Method can be effectively utilized by both students and educators during the teaching-learning process. This method has the potential to enhance their reading speed and comprehension skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120051 |
Uncontrolled Keywords: | bionic reading method, reading speed, reading comprehension, EFL students’ perceptions-metode membaca bionik, kecepatan membaca, pemahaman membaca, persepsi mahasiswa EFL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 08:14 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 08:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220505 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reinaldy Fawwas Al Hafidh.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |