Febriyanti, Kharisma and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd. (2024) Analisis Kecemasan Berbahasa Jepang pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya di Tingkat Dasar, Menengah, dan Mahir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kendala yang dihadapi oleh pemelajar bahasa Jepang saat mempelajari bahasa Jepang berupa kendala non kebahasaan yakni kecemasan berbahasa Jepang. Penelitian mengenai kecemasan berbahasa asing khususnya bahasa Jepang belum banyak dilakukan di perguruan tinggi di Indonesia. Sehingga peneliti bermaksud meneliti kecemasan berbahasa Jepang pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang di tingkat dasar, menengah, dan mahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan berbahasa Jepang mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Jepang di tingkat dasar, menengah, dan mahir, mengetahui pada tingkat apa kecemasan berbahasa Jepang menunjukkan level yang paling tinggi serta sumber kecemasan berbahasa Jepang pada pemelajar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Brawijaya dari tingkat dasar (Shokyuu), tingkat menengah (Chuukyuu), dan tingkat mahir (Joukyuu) berjumlah 186 mahasiswa. Dalam penelitian ini, peneliti membagikan kuisioner kecemasan kelas berbahasa Asing (Foreign Language Classroom Anxiety Scale) yang diadaptasi dari Horwitz. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan berbahasa Jepang mahasiswa tingkat dasar, menengah, dan mahir masuk dalam kategori kecemasan sedang. Adapun tingkatan yang menunjukkan kecemasan paling tinggi adalah mahasiswa tingkat mahir. Sumber kecemasan berasal dari kecemasan akan evaluasi negatif diikuti oleh kecemasan komunikasi dan kecemasan tes.
Other obstract
研究の背景は、日本語学習者が日本語を学ぶ際に直面する非言語的な 障害、すなわち日本語不安である。外国語の不安、特に日本語の不安に関す る研究は、インドネシアの大学ではあまり行われていない。そこで研究者は、 初級、中級、上級レベルの日本語教育学生における日本語不安を調査するつ もりである。 研究の目的は、日本語教育学習プログラムの初級、中級、上級 レベルの学生の日本語不安の程度を明らかにし、日本語不安がどのレベルで 最も高いかを知り、学習者に影響を与える日本語不安の原因を知ることであ る。研究は、ブラウィジャヤ大学の日本語教育プログラムの初級、中級、上 級の合計 186 学生を対象に行われた。本研究では、 Horwitz から引用した外国 語教室不安尺度質問紙を配布した。その結果、初級、中級、 上級の学生の日 本語に対する不安は中程度であった。最も不安が大きいのは上級者である。 不安の原因は、マイナス評価への不安、コミュニケーション不安、テスト不 安の順であった。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120049 |
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan bahasa Jepang, pemelajar bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 08:14 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 08:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220500 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kharisma Febriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |