Sistem Monitoring Konsentrasi Gas Formaldehida (Ch2o) Pada Proses Karbonatasi Di Pg. Kebonagung Kota Malang Menggunakan Sensor Ms1100 Yang Ditampilkan Pada Platform Website Secara Real-Time

Afifah, Arsa and rof. Drs. Arinto Y.P. Wardoyo, M.Sc., Ph.D. and Ananta Jatra Susetya, S.T. (2024) Sistem Monitoring Konsentrasi Gas Formaldehida (Ch2o) Pada Proses Karbonatasi Di Pg. Kebonagung Kota Malang Menggunakan Sensor Ms1100 Yang Ditampilkan Pada Platform Website Secara Real-Time. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tahap pemurnian nira gula untuk menghasilkan gula berkualitas tinggi, karbonatasi menjadi proses penting. Dalam tahap ini, penyeimbangan pH gula (7,5 - 8,5) dilakukan dengan menggunakan CO2. Di PG Kebonagung, pembakaran biomassa seperti ampas tebu dan sekam digunakan untuk memenuhi kebutuhan CO2 selama proses karbonatasi. Namun, perlu diakui bahwa pembakaran biomassa dapat menghasilkan senyawa berbahaya, termasuk Formaldehida (CH2O), yang dapat berisiko bagi kesehatan. Oleh karena itu, Untuk mengatasi risiko kesehatan akibat konsentrasi tinggi Formaldehida, diperlukan sistem monitoring formaldehida menggunakan sensor MS1100 khususnya pada tabung karbonatasi. Data pemantauan disajikan secara real-time melalui platform website menggunakan Robotdyn Uno Wi-Fi R3. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur penyimpanan langsung menggunakan kartu micro SD, sehingga data tetap terjaga meskipun terjadi gangguan Wi-Fi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu memantau konsentrasi Formaldehida dengan baik, baik di lingkungan dalam maupun luar ruangan. Rentang konsentrasi aman di dalam ruangan adalah 0-120 PPM, dengan jarak aman antara sistem dan transmitter mencapai 0-20 meter. Akurasi data mencapai 96-100%, dan kapasitas penyimpanan kartu Micro SD sebesar 3700 MB, serta 14970 pada basis data MYSQL. Secara keseluruhan, sistem ini memberikan solusi efektif untuk memantau dan mengendalikan konsentrasi Formaldehida selama proses pembakaran biomassa dalam industri gula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524090089
Uncontrolled Keywords: Sistem Monitoring, Formaldehida, Sensor MS1100, Robotdyn Uno Wi-Fi R3, Website
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:35
Last Modified: 27 Jun 2024 08:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220458
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arsa afifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item