Implementasi e-Branch BCA Terhadap Kualitas Layanan (Studi pada Bank Central Asia KCP Joyoboyo)

Aurelia, Nadia and San Rudiyanto, SE., MSA., AK., CA., AAP., CPA., CRP (2024) Implementasi e-Branch BCA Terhadap Kualitas Layanan (Studi pada Bank Central Asia KCP Joyoboyo). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan sistem informasi perbankan dapat membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menjadikan teknologi informasi sebagai patokan utama dalam pengembangan produk dan layanan. Salah satu bidang yang mengikuti proses inovasi teknologi informasi ini pada perbankan Indonesia yaitu bentuk inovasi teknologi dengan adanya aplikasi e-Branch BCA pada Bank BCA. e-Branch BCA adalah aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel nasabah masing-masing yang gunanya untuk pengisian slip digital ketika nasabah ingin bertransaksi ke Teller. Dengan Perkembangan industri elektronik ini, perbankan memberikan fasilitas dengan pelayanan teknologi aplikasi e-Branch BCA yang merupakan terobosan terbaru berupa slip digital yang bisa digunakan dengan mudah dan mempercepat pelayanan nasabah. Aplikasi e-Branch BCA pada Bank BCA KCP Joyoboyo yaitu membantu kemudahan bertransaksi nasabah BCA dan juga karyawan Teller BCA pada proses penginputan data. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif. E-Branch BCA memberikan keunggulan dalam meningkatkan kualitas layanan ada Bank BCA KCP Joyoboyo menerapkan kualitas layanan elektronik atau e-service quality melalui aplikasi e-Branch BCA atau website, hal tersebut dapat memudahkan nasabah dalam pengisian slip transaksi teller secara online tanpa harus meminta kertas dulu ke cabang, sehingga nasabah dapat melakukan pengisian melalui rumah secara mandiri, melalui aplikasi atau web dimanapun dan kapanpun. Sehingga dengan inovasi layanan berbasis digital ini diharapkan bisa memfasilitasi proses transaksi nasabah dengan lebih aman, modern, efektif dan efisien. Kendala dalam aplikasi ini yaitu fitur reservasi pada aplikasi e-Branch BCA yang masih belum dapat diakses karena di BCA KCP Joyoboyo belum ada sistem yang membantu fitur reservasi, kendala ini akan teratasi apabila BCA nantinya memperbaharui sistem. Penting bagi pihak BCA memperbaharui sistem, supaya nasabah pun dapat mengakses fitur reservasi karena fitur tersebut sangat membantu nasabah dalam proses antrian, agar nasabah semakin lebih puas dan kualitas layanan kantor cabang pun terbantu akreditasinya.

English Abstract

The development of banking information systems can make companies change business strategies by making information technology the main benchmark in developing products and services. One of the areas that follows this information technology innovation process in Indonesian banking is the form of technological innovation with the BCA e-Branch application at BCA Bank. BCA e-Branch is an application that can be accessed via each customer's cellphone which is used to fill in digital slips when customers want to make transactions with Tellers. With the development of the electronics industry, banking provides facilities with BCA e-Branch application technology services, which is the latest breakthrough in the form of digital slips that can be used easily and speed up customer service. The BCA e-Branch application at Bank BCA KCP Joyoboyo helps facilitate transactions for BCA customers and also BCA Teller employees in the data input process. The research method used in this research is Descriptive Qualitative Research. BCA e-Branch provides advantages in improving service quality. Bank BCA KCP Joyoboyo implements electronic service quality or e-service quality through the BCA e-Branch application or website, this can make it easier for customers to fill in teller transaction slips online without having to ask for paper first. to branches, so customers can top up independently at home, via the application or web wherever and whenever. So, with this digital-based service innovation, it is hoped that it can facilitate customer transaction processes in a safer, more modern, effective and efficient manner. The problem with this application is that the reservation feature on the BCA e-Branch application is still not accessible because at BCA KCP Joyoboyo there is no system that helps with the reservation feature. This problem will be resolved if BCA later updates the system. It is important for BCA to update the system, so that customers can access the reservation feature because this feature really helps customers in the queuing process, so that customers are more satisfied and the quality of branch office services is helped by accreditation

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170042
Uncontrolled Keywords: e-Branch BCA, Kualitas Layanan, Nasabah, Teknologi-e-Branch BCA, quality of service, customer, technology
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:22
Last Modified: 10 Jun 2024 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220398
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadia Aurelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item