Implementasi Sistem Digital Brimen (BRI Document Management System) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbc Cabang Kawi Malang

TyaWati, Nabila Putri Ayus and Dr. Karisma Sri Rahayu, S.S.T.,M.A (2024) Implementasi Sistem Digital Brimen (BRI Document Management System) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbc Cabang Kawi Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi sistem Brimen dalam pengelolaan arsip dokumen kredit di Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang penerapan pengelolaan dokumen nasabah kredit menggunakan sistem Brimen agar dapat berjalan dengan efisien dan lancar, sehingga staf administrasi kredit dapat dengan mudah mencari dan menemukan dokumen nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia Kawi Malang, wawancara dengan staf administrasi kredit, dan studi literatur terkait manfaat Brimen dalam pengelolaan dokumen kredit. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa implementasi sistem Brimen telah memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan dokumen kredit pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang. Namun, masih terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi, seperti kesulitan dalam pencarian dokumen yang terselip, perbedaan alamat dokumen antara file Microsoft Excel dengan data fisik, dan masalah teknis seperti kesalahan biometrik dan masalah dengan mesin scanning. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan pelatihan dan sosialisasi terkait penggunaan sistem Brimen kepada seluruh staf terkait, melakukan pengecekan secara berkala terhadap data fisik dan digital Brimen, serta memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja mesin scanning serta melakukan pemeliharaan rutin untuk mengurangi risiko kesalahan teknis dan kerusakan perang

English Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the implementation of the Brimen system in managing credit document archives at Bank Rakyat Indonesia Kawi Malang Branch. This research also aims to increase understanding of the implementation of credit customer document management using the Brimen system so that it can run efficiently and smoothly, so that credit administration staff can easily search and find customer documents. The research method used is descriptive with a qualitative approach. Data collection was carried out through direct observation at the Bank Rakyat Indonesia Kawi Malang Branch Office, interviews with credit administration staff, and literature studies related to the benefits of Brimen in credit document management. The results of observations and interviews show that the implementation of the Brimen system has made a positive contribution to the management of credit documents at Bank Rakyat Indonesia Kawi Malang Branch. However, there are still several obstacles that need to be overcome, such as difficulties in searching for hidden documents, differences in document addresses between Microsoft Excel files and physical data, and technical problems such as biometric errors and problems with scanning machines. Therefore, it is recommended to increase training and socialization regarding the use of the Brimen system to all relevant staff, carry out regular checks on Brimen physical and digital data, as well as repair and optimize the performance of scanning machines and carry out routine maintenance to reduce the risk of technical errors and device damage

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170041
Uncontrolled Keywords: Bank, Sistem Brimen, Arsip, Pelayanan- Bank, Brimen System, Archives, Service
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:22
Last Modified: 10 Jun 2024 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220389
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabila Putri AyusTyaWati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item