Analisis Implementasi Pengendalian Persediaan pada Hotel Midtown Residence Surabaya

Akbar, Muhammad Jalaluddin and Mufarrohah, S.E.,Ak.,MSA.,CA., (2023) Analisis Implementasi Pengendalian Persediaan pada Hotel Midtown Residence Surabaya. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perhotelan sangat memperhatikan penilaian dari konsumen dengan mengutamakan kecepatan respon terhadap pelayanan, permintaan dan kualitas produk yang dijual, hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pengelolaan terhadap kualitas persediaan secara efektif dan efisien, dalam pengelolaan persediaan tersebut kendala yang ditemukan oleh peneliti pada hotel Midtown Residence Surabaya seperti adanya kekurangan dan kelebihan persediaan, kerusakan dan kehilangan persediaan, dan juga ketidaksesuaian penggunaan persediaan, kendala tersebut dapat mempengaruhi kegiatan operasional hotel. Ketepatan pada persediaan akan meningkatkan kepercayaan tamu terhadap hotel melalui konsistensi kualitas dan penyajian produk, untuk mengatur persediaan yang baik dan stabil, dan menjaga kualitas persediaan, perlu adanya prosedur pengendalian persediaan agar kegiatan operasional berjalan dengan baik. Prosedur pengendalian persediaan dilakukan terhadap sistem akuntansi dengan menerapkan prosedur mengenai proses pengadaan, penyimpanan, dan distribusi terhadap persediaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini adalah dari accounting department hotel Midtown Residence Surabaya, pada divisi purchasing, receiving, store keeper, account payable, dan cost control. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa kendala dalam sistem prosedur pengadaan, penyimpanan, dan distribusi persediaan pada accounting department hotel Midtown Residence Surabaya. Kendala yang ditemukan antara lain karena adanya kesalahan SOP, masalah dengan pihak luar hotel, maupun kesalahan dari karyawan itu sendiri. Saran untuk pihak manajemen hotel Midtown Residence Surabaya yaitu terus menerapkan pengendalian manajemen dengan baik dengan cara penerapan SOP secara maksimal, pembagian tanggung jawab antar department yang baik, prosedur otorisasi harus dijalankan dengan baik, dan juga pelatihan untuk menunjang kemampuan karyawan harus ditingkatkan.

English Abstract

The hotel industry pays great attention to consumer assessments by prioritizing speed of response to service, demand and quality of products sold. This can be done by managing inventory quality effectively and efficiently. In managing inventory, these obstacles were found by researchers at the Midtown Residence Surabaya hotel. such as shortages and excess inventory, damage and loss of inventory, and also inappropriate use of inventory, these obstacles can affect hotel operational activities. Accuracy in inventory will increase guest confidence in the hotel through consistent quality and product presentation. To manage good and stable inventory, and maintain inventory quality, it is necessary to have inventory control procedures so that operational activities run well. Inventory control procedures are carried out in the accounting system by implementing procedures regarding the procurement, storage and distribution processes for inventory. The research method used in this research uses a qualitative descriptive method, with data collection through interviews, observation and documentation. The resource person for this research is from the accounting department of the Midtown Residence Surabaya hotel, in the purchasing, receiving, store keeper, accounts payable and cost control divisions. The results of this research show that there are several obstacles in the inventory procurement, storage and distribution procedure system in the accounting department of the Midtown Residence Surabaya hotel. The obstacles found included errors in the SOP, problems with parties outside the hotel, or errors from the employees themselves. Suggestions for the management of the Midtown Residence Surabaya hotel are to continue to implement good management controls by implementing SOP optimally, dividing responsibilities between departments well, authorization procedures must be carried out well, and also training to support employee abilities must be improved

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170612
Uncontrolled Keywords: Persediaan, Pengendalian, Pengadaan, Peyimpanan, Distribusi.Inventory, Control, Procurement, Storage, Distribution.
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:22
Last Modified: 10 Jun 2024 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220371
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Jalaluddin Akbar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item