Pengaruh Harga, Kesadaran Merek, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk iPad dari Apple (Survei pada Konsumen Produk iPad di Kota Malang)

Fani, Syaharani Citra Ayura and Supriono, Sos., M.AB (2024) Pengaruh Harga, Kesadaran Merek, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk iPad dari Apple (Survei pada Konsumen Produk iPad di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Harga (X1) secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kesadaran Merek (X2) secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Persepsi Kualitas (X3) secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Harga, Kesadaran Merek, dan Persepsi Kualitas secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Harga (X1), Kesadaran Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Keputusan Pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk iPad di Kota Malang yang pernah melakukan pembelian produk iPad dengan karakteristik usia minimal 17 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen produk iPad di Kota Malang yang memiliki karakteristik usia minimal 17 tahun dan berdomisili di Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Data penelitian ini diolah menggunakan SPSS 29 for MacOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Harga (X1), Kesadaran merek (X2), dan Persepsi Kualitas (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk iPad dari Apple, variabel Harga (X1), Kesadaran merek (X2), dan Persepsi Kualitas (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk iPad dari Apple.

English Abstract

This study aims to (1) know and explain the effect of Price (X1) partially on Purchasing Decisions (Y) (2) know and explain the effect of Brand Awareness (X2) partially on Purchasing Decisions (Y) (3) know and explain the effect of Perceived Quality (X3) partially on Purchasing Decisions (Y) (4) know and explain the effect of Price, Brand Awareness, and Perceived Quality simultaneously on Purchasing Decisions (Y). The type of research used is explanatory using a quantitative approach. The variables in this study include Price (X1), Brand Awareness (X2), Perceived Quality (X3), and Purchasing Decisions (Y). The population in this study were consumers of iPad products in Malang City who had purchased iPad products. The sample in this study were consumers of iPad products in Malang City who had characteristics of at least 17 years of age and domiciled in Malang City. The sample used in this study amounted to 100 respondents who were taken using purposive sampling technique with data collection methods using a questionnaire or questionnaire. The data analysis used is descriptive analysis and multiple linear analysis. This research data was processed using SPSS 29 for MacOS. The results of this study indicate that Price (X1), Brand awareness (X2), and Perceived Quality (X3) partially have a positive and significant effect on Purchasing Decisions (Y) iPad products from Apple, variable Price (X1), Brand awareness (X2), and Perceived Quality (X3) simultaneously have a positive and significant effect on Purchasing Decisions (Y) iPad products from Apple.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030205
Uncontrolled Keywords: Harga, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Keputusan Pembelian.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:13
Last Modified: 26 Jun 2024 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220357
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Syaharani Citra Ayura Fani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item