Hubungan Karakteristik dan Pengetahuan Ibu dengan Pertumbuhan Anak Usia 12 – 24 bulan

Permatasari, Shofiah Febi and Dr. dr. Tita Hariyanti, M.Kes and Dr. dr. Ariani, , M.Kes, Sp.A(K) (2024) Hubungan Karakteristik dan Pengetahuan Ibu dengan Pertumbuhan Anak Usia 12 – 24 bulan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan balita merupakan sebuah fase yang dijalani dari awal kehidupan sampai usia lima tahun dan suatu hal yang harus selalu dipantau oleh orang tua. Pada usia baru lahir sampai lima tahun dinyatakan sebagai masa emas atau dalam 1000 hari pertama kehidupan untuk meningkatkan kualitas sebuah individu maupun dalam ranah komunitas. Oleh karena itu, perlu dilakukan untuk mendeteksi dini permasalahan yang dapat ditemui pada balita di usia emas. Permasalahan terkait gizi yang lebih dini akan bisa langsung dilakukan perbaikan segera untuk ditangani. Pada penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui adanya hubungan dari karakteristik dan pengetahuan ibu dengan pertumbuhan anak usia 12 – 24 bulan di Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian kuantitatif cross sectional. Partisipan penelitian ini melibatkan ibu dan anak dari beberapa posyandu yang ada di Desa Sidorahayu. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan 100 sampel. Pengolahan data menggunakan analisis metode korelasi spearman. Hasil penelitian didapatkan beberapa karakteristik ibu yang memiliki hubungan dengan pertumbuhan anak yaitu pekerjaan ibu (p-value 0,043), paritas ibu (p-value 0,048), dan pengetahuan ibu (p-value 0,013). Sedangkan karakteristik yang tidak memiliki hubungan dengan pertumbuhan anak yaitu usia ibu (p-value 0,839), pendidikan ibu (p-value 0,133), dan pendapatan keluarga (p-value 0,189). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada beberapa karakteristik ibu yang berhubungan dengan pertumbuhan anak.

English Abstract

Growth and development of toddlers is a phase that is lived from the beginning of life until the age of five and something that must always be monitored by parents. At the age of newborn to five years is declared as the golden period or in the first 1000 days of life to improve the quality of an individual and in the realm of the community. Therefore, it is necessary to detect early problems that can be found in toddlers at the golden age. Problems related to nutrition that are earlier will be able to be immediately corrected to be handled. This study aims to determine the relationship of maternal characteristics and knowledge with the growth of children aged 12-24 months in Sidorahayu Village, Wagir District, Malang Regency. The method used in this study was a cross sectional quantitative research design. The participants of this study involved mothers and children from several posyandu in Sidorahayu Village. Sampling using the slovin formula and obtained 100 samples. Data processing used Spearman correlation method analysis. The results showed that several maternal characteristics had a relationship with child growth, namely maternal employment (p-value 0.043), maternal parity (p-value 0.048), and maternal knowledge (p-value 0.013). While the characteristics that do not have an association with child growth are maternal age (p-value 0.839), maternal education (p-value 0.133), and family income (p-value 0.189.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524060018
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan, Karakteristik, Pengetahuan, Anak usia 12 – 24 bulan
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:12
Last Modified: 26 Jun 2024 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220344
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shofiah Febi Permatasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item