Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah (Studi Pada SMK Negeri 4 Malang)

Marshanda, Ravenna Diaz and SUKANTO, Drs, MS. and Lestari Eko Wahyudi, SAP., MAP. (2024) Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah (Studi Pada SMK Negeri 4 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan adalah komponen penting dalam manajemen pendidikan dan harus dimiliki oleh institusi pendidikan. Kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak ada sarana dan prasarana. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai karena bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja. Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 berisi daftar lengkap sarana dan prasarana pendidikan yang distandardisasi untuk SMK/MAK. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen sarana dan prasarana di SMK Negeri 4 Malang, yang mencakup perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan penghapusan, dilakukan dengan baik mulai dari perencanaan hingga penghapusan. Proses ini dilakukan sesuai dengan teori tentang konsep manajemen sarana dan prasarana.

English Abstract

The facilities and infrastructure of education are an important component in the management of education and should be owned by educational institutions. Learning activities will not work smoothly without the facilities and infrastructure. Vocational highscool must have adequate facilities and facilities as they aim to produce graduates who are ready to compete in the job market. Minister of National Education Regulation Number 40 of 2008 contains a complete list of means and methods of education that are standardized for vocational highscool. The purpose of this research is to analyze the management of educational facilities and facilities in SMK Negeri 4 Malang. This research uses a descriptive qualitative approach and gathers data through interviews, observations, and documentation. The results of the research showed that the process of management of assets and supplies in SMK Negeri 4 Malang, which includes planning, procurement, inventory, maintenance, and disposal, is performed well from planning to disposal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030198
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Sekolah Menengah Kejuruan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:32
Last Modified: 25 Jun 2024 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220313
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RAVENNA DIAZ MARSHANDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item