Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) (Studi Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Br Solin, Cince Rutmayanti and Bambang Santoso Haryono, Dr., MS. and Taufiq Akbar Al Faj’ri, SS., M.Pd. (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) (Studi Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 215 responden dari total populasi 408 mahasiswa yang telah mengikuti program MBKM pada batch 4 dan batch 5 dengan penentuan jumlah responden menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, yaitu kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji koefisien korelasi (R) sebesar 0,623 yang artinya hubungan antara variabel kualitas pelayanan akademik dengan variabel tingkat kepuasan mahasiswa memiliki tingkat hubungan yang kuat ditinjau melalui interpretasi koefisien korelasi. Hasil uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,3888 yang artinya bahwa 38,8% variabel kualitas pelayanan akademik mempengaruhi variabel tingkat kepuasan mahasiswa dan sebesar 61,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Maka Hipotesis alternatif 1 (Ha1) yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa diterima sedangkan H01 ditolak. Berdasarkan hasil uji t memiliki hasil thitung sebesar 11,628 dan ttabel sebesar 1,652 atau 11,628 > 1,652 artinya Hipotesis alternatif 2 (Ha2) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa diterima sedangkan H02 ditolak. Dengan demikian, terdapat hubungan dan pengaruh variabel kualitas pelayanan akademik terhadap variabel tingkat kepuasan mahasiswa. Artinya peningkatan kualitas layanan akademik mempengaruhi kepuasan mahasiswa dalam pelaksanaan program MBKM di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

English Abstract

The research aims to describe the quality of academic services to the level of student university satisfaction in MBKM programs study at the Faculty of Administrative Science, Brawijaya University. This study used a type of assosiative research using a quantitative approach. Using probability sampling techniques, namely random sampling. The sample used amounted to 215 respondents of 408 population who had participated in the MBKM programs in batch 4 and batch 5 by determining the number of respondents using the Slovin formula. Data collection techniques using for research instruments, namely questionnaires. The data analysis used is a simple linear regression analysis technique. The results of this research based on correlation coefficient (R) in amount of 0,623 it means the relation between the variable of academic service quality and the variable level of student satisfaction has a strong level based on interpretation of the correlation coefficient. The test results of the coefficient of determination (R Square) amount of 0,3888 it means that 38,8% of the quality of academic services affect the level of student satisfaction and 61,2% is influenced by other variables. Therefore, Ha1 there is a significant relation between the quality of academic services to the level of student satisfaction is received while H01 is rejected. Based on the results of the t test, it has t count amount of 11,628 and t table amount of 1,652 it means Ha2 there is a significant relation between the quality of academic services to the level of student satisfaction is received while H02 is rejected. So, there is a relation and influence of academic service quality variables on student satisfaction level variables. It means, that improving the quality of academic services affects student satisfaction in the implementation of the MBKM programs at the Faculty of Administrative Science, Universitas Brawijaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030152
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Akademik, Kepuasan Mahasiswa, MBKM
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:53
Last Modified: 21 Jun 2024 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220285
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cince Rutmayanti Br Solin.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item