Putri, Audrey Pramesti and Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si. and Bayu Amengku Praja, S.Mn., M.Si (2024) Pengaruh Layanan Aplikasi Epesanruangan Terhadap Efisiensi Penggunaan Ruang Rapat Dan Pertemuan Satuan Kerja Perangkat Daerah Menggunakan E-Govqual Studi Pada Balai Kota Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Rapat dan pertemuan di instansi pemerintahan terhambat oleh keterbatasan ruang rapat. Hal ini menghambat koordinasi dan pelayanan publik. Efisiensi pelayanan publik di Balai Kota DKI Jakarta difokuskan pada optimalisasi ruang rapat melalui aplikasi e-pesanruangan. Aplikasi e-pesanruangan memungkinkan pemesanan dan manajemen ruang rapat secara digital, meningkatkan transparansi dan kemudahan akses. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi aplikasi epesanruangan di Balai Kota DKI Jakarta dalam mendukung efisiensi penggunaan ruang rapat dan pertemuan SKPD, (2) Menguji pengaruh layanan aplikasi epesanruangan terhadap efisiensi penggunaan ruang rapat dan pertemuan SKPD di Balai Kota DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode E-GovQual. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor layanan aplikasi e-pesanruangan yang terdiri dari kemudahan pengguna, kepercayaan, fungsional dari interaksi, keandalan, isi dan tampilan informasi, dan pendukung berpengaruh secara bersama-sama terhadap efisiensi penggunaan ruang rapat dan pertemuan SKPD namun pada hanya pada variabel kemudahan pengguna dan keandalan yang berpengaruh signifikan terhadap efisiensi penggunaan. Artinya, belum maksimalnya layanan aplikasi epesanruangan dalam menjalankan fungsinya di variabel tersebut.
English Abstract
This Meetings and gatherings in government agencies are hampered by the limited availability of meeting rooms. This hinders coordination and public services. The efficiency of public services in the DKI Jakarta City Hall is focused on optimizing meeting rooms through the e-meeting room application. The e-meeting room application allows for digital booking and management of meeting rooms, increasing transparency and ease of access. The objectives of this study are; (1) to determine the implementation of the e-meeting room application in the DKI Jakarta City Hall to support the efficiency of meeting room use and meetings of Regional Work Units (SKPD), (2) To test the effect of e-meeting room application services on the efficiency of meeting room use and meetings of Regional Work Units (SKPD) in the DKI Jakarta City Hall. This study uses the E-GovQual method. The results of this study show that the factors of e-meeting room application services consisting of ease of use, trust, functionality of interaction, reliability, content and information display, and support have a significant impact on the efficiency of meeting room use and meetings of Regional Work Units (SKPD) but only on variables ease of use and reliability that have a significant impact on efficiency of use. This means that the e-meeting room application service is not yet optimal in carrying out its functions in these variables.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030144 |
Uncontrolled Keywords: | Layanan, Aplikasi E-Pesanruangan, Efisiensi, SKPD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 03:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 03:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220276 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
AUDREY PRAMESTI PUTRI.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |