Selvia, Ika and Dr. Bambang Santoso H,, M.S and Bayu Amengku Praja, S.Mn., M.Si (2024) Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Dimensi Affect of Service pada Metode LibQUAL+™ Menggunakan Social Exchange Theory (Studi pada 3 Perpustakaan Pusat Perguruan Tinggi Negeri Terakreditasi A di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pegawai perpustakaan menjadi peran penting dalam meningkatkan kualitas perpustakaan. Peningkatan kualitas pelayanan pegawai didorong oleh pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki dari masing-masing individu. Pegawai dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan melalui knowledge sharing yang dijadikan sebagai sebuah kebiasaan untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Sehingga kualitas pelayanan pegawai meningkat, dan pemustaka merasakan kepuasan dan kenyamanan dalam menggunakan perpustakaan. Metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas layanan pegawai perpustakaan adalah dimensi affect of service yang terdapat pada metode LibQUAL+™ dengan kepuasan pemustaka dinilai melalui indikator-indikator dari user satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kontruk eksogen, konstruk endogen, dan intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai dan pemustaka dari Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang, Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya, dan Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 responden pegawai dan 88 responden pemustaka dengan teknik sampling sensus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dapat pengaruh knowledge sharing terhadap affect of service dengan nilai t hitung sebesar 3.777 dan P-values sebesar 0.000. Kemudian terdapat pengaruh antara variabel affect of service terhadap variabel user satisfaction dengan nilai t hitung sebesar 19.675 dan P-values 0.000. Selain itu, penelitian ini juga menyatakan bahwa affect of service memediasi dampak knowledge sharing terhadap customer satisfaction dengan nilai P-values sebesar 0.000. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan, bahwa terdapat konstruk endogen yang dipengaruhi oleh konstruk konstruk eksogen dan mediasi.
English Abstract
Library employees play an important role in improving the quality of the library. Improving the quality of employee service is driven by the knowledge and abilities possessed by each individual. Employees can improve knowledge and abilities through knowledge sharing which is used as a habit to make changes for the better. So that the quality of employee service increases, and users feel satisfaction and comfort in using the library. The method used to determine the quality of library employee service is the affect of service dimension contained in the LibQUAL+ ™ method with user satisfaction assessed through indicators of user satisfaction. This study aims to determine and analyze the influence of exogenous constructs, endogenous constructs, and intervening. The research method used is quantitative method. The population in this study is employees and users from the Central Library of State University of Malang, Central Library of Brawijaya University, and Central Library of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. The sample used in this study amounted to 88 employee respondents and 88 user respondents using census sampling techniques . The results showed that the influence of knowledge sharing on the effect of service with a calculated t value of 3,777 and a P-value of 0,000. Then there is an influence between the affect of service variable on the user satisfaction variable with a calculated t value of 19,675 and a P-value of 0,000. In addition, this study also states that affect of service mediates the impact of knowledge sharing on customer satisfaction with a P-values of 0.000. From these results it can be stated, that there are endogenous constructs that are influenced by exogenous constructs and mediation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030178 |
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan, Knowledge Sharing, Dimensi Affect of Service, User Satisfaction. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 07:36 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220250 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ika Selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |