Analisis Pemanfaatan Aplikasi Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Pada Tomps Indonesia

Dzikriyah, Aulia Fajriyati and Rachma Bhakti Utami, S.E., M.AB (2024) Analisis Pemanfaatan Aplikasi Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Pada Tomps Indonesia. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tomps Indonesia adalah salah satu produk digital dari PT Telkom Indonesia yang menawarkan sistem manajemen digital kepada para pelanggan B2B (Business to Business) mereka. Saat melaksanakan pemasarannya, Tomps Indonesia telah memanfaatkan Instagram sebagai media untuk melakukan pemasaran digital. Pada umumnya, Instagram dikenal sebagai platform yang lebih populer dikalangan konsumen akhir (B2C) sehingga akun Instagram Tomps Indonesia memerlukan analisis secara mendalam untuk memahami bagaimana pemasaran digital melalui media Instagram ini dapat efektif bagi perusahaan terutama pada target audiens B2B. Tujuan adanya penulisan pada tugas akhir ini yaitu untuk melakukan analisis pemanfaatan aplikasi Instagram sebagai media pemasaran digital pada Tomps Indonesia agar bisa memberikan evaluasi terkait pemasaran digital yang efektif melalui aplikasi Instagram. Adapun jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan deskriptif kualitatif melalui pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penulisan ini yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa Tomps Indonesia perlu melakukan evaluasi dalam melaksanakan pemasaran digitalnya di Instagram yaitu dengan melakukan optimalisasi fitur snapgram & reels, lebih konsisten dalam melakukan jadwal posting, memaksimalkan pemanfaatan Instagram Ads, dan perlu meningkatkan promosi produk secara lebih merata.

English Abstract

Tomps Indonesia is one of PT Telkom Indonesia's digital products that offers a digital management system to their B2B (Business to Business) customers. When carrying out its marketing, Tomps Indonesia has utilized Instagram as a medium for digital marketing. In general, Instagram is known as a platform that is more popular among end consumers (B2C) so that Tomps Indonesia's Instagram account requires in-depth analysis to understand how digital marketing through Instagram media can be effective for companies, especially in B2B target audiences. The purpose of writing this final project is to analyze the utilization of the Instagram application as a digital marketing medium for Tomps Indonesia in order to provide an evaluation related to effective digital marketing through the Instagram application. The type of writing used is descriptive qualitative writing through the AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) approach which uses data collection techniques through observation, documentation and interview methods. The data analysis technique used in this research is by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that Tomps Indonesia needs to conduct an evaluation in carrying out its digital marketing on Instagram, namely conducting evaluation in carrying out its digital marketing on Instagram, namely by optimizing the snapgram & reels features, being more consistent in optimizing the snapgram & reels feature, being more consistent in making posting schedule, maximizing the use of Instagram Ads, and needing to increase product promotion more evenly.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170036
Uncontrolled Keywords: Business to Business, Instagram, Pemasaran Digital
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 07 Jun 2024 09:18
Last Modified: 07 Jun 2024 09:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220243
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aulia Fajriyati Dzikriyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item