Perancangan Perbaikan Proses Bisnis dan Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Museum (Studi Kasus: Museum dan Galeri Seni SBY ANI)

Grandis, Tectona and Ir. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom.,M.AB. and Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A (2024) Perancangan Perbaikan Proses Bisnis dan Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Museum (Studi Kasus: Museum dan Galeri Seni SBY ANI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Museum dan Galeri Seni SBY ANI merupakan sebuah museum yang menceritakan tentang perjalanan hidup dari Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan presiden Republik Indonesia yang ke-6. Penelitian ini berfokus pada analisis dan perbaikan proses bisnis serta analisis kebutuhan dan perancangan prototipe sistem informasi pada Museum dan Galeri Seni SBY ANI. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi permasalahan dengan urgensi tertinggi pada proses penjualan tiket dengan menggunakan metode Business Process Model and Notation (BPMN) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Identifikasi tersebut menghasilkan permasalahan utama yaitu penumpukkan antrean pada proses penjualan tiket langsung, rentan terjadinya human error pada proses penjualan tiket online, dan penumpukkan antrean pada proses validasi tiket. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan perbaikan dengan metode Business Process Improvement (BPI) yang menghasilkan rekomendasi perbaikan berupa perubahan ketentuan pengecekan kartu identitas pengunjung, implementasi sistem informasi museum berbasis website pada proses reservasi tiket online, penggunaan e-ticket untuk pembelian tiket online, dan pemindahan proses pengecekan kartu identitas untuk pembeli tiket online. Simulasi analisis waktu berhasil dilakukan untuk membandingkan waktu proses bisnis saat ini dengan rekomendasi, simulasi tersebut menghasilkan peningkatan efisiensi waktu yang signifikan. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan analisis kebutuhan berdasarkan rekomendasi perbaikan proses bisnis dengan membuat user requirement, kebutuhan fungsional, kebutuhan non-fungsional, use case, dan sebuah use case diagram, Hasil analisis kebutuhan tersebut akan dijadikan acuan untuk melakukan perancangan prototipe. Rancangan prototipe tersebut kemudian diuji dengan metode usability testing dan System Usability Scale (SUS), pengujian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa prototipe yang dirancang sudah efektif, efisien, dan memuaskan pengguna.

English Abstract

Museum dan Galeri Seni SBY ANI narrates the life journey of Susilo Bambang Yudhoyono, the 6th President of the Republic of Indonesia. This research focuses on analyzing and improving business processes, as well as analyzing the requirements and prototyping of the information system at Museum dan Galeri Seni SBY ANI. The study successfully identified the most urgent problems in the ticket sales process using the Business Process Model and Notation (BPMN) and Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) methods. The identification resulted in major issues, including queue buildup in the direct ticket sales process, susceptibility to human errors in online ticket sales, and queue buildup in the ticket validation process. Based on these issues, improvements were made using the Business Process Improvement (BPI) method, resulting in recommendations such as changing visitor identification card check regulations, implementing a websitebased museum information system for online ticket reservations, using e-tickets for online ticket buyers, and relocating the identification card check process for online ticket buyers. Time analysis simulations successfully compared the current business process time with the recommendations, resulting in significant time efficiency improvements. The research continued with requirement analysis based on recommendations for business process improvement, encompassing user requirements, functional requirements, non-functional requirements, use cases, and a use case diagram. The results of the requirement analysis will serve as a reference for prototype development. The prototype design was then tested using usability testing and the System Usability Scale (SUS), concluding that the designed prototype is effective, efficient, and satisfactory for users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150290
Uncontrolled Keywords: business process, business process model and notation (BPMN), business process improvement (BPI), failure mode and effect analysis (FMEA), requirement analysis, prototype design-proses bisnis, business process model and notation (BPMN), business process improvement (BPI), failure mode and effect analysis (FMEA), analisis kebutuhan, perancangan prototipe
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:58
Last Modified: 06 Jun 2024 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220222
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tectona Grandis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item