Hubungan Efikasi Diri dengan Kualitas Hidup (Quality of Life) Perempuan Menikah Dini pada Masa Pasca Salin di Kabupaten Probolinggo.

Varra Akrimna Hendarika, Isa and Mustika Dewi, SST, M.Keb and dr. Anin Indriani, Sp.OG. (2024) Hubungan Efikasi Diri dengan Kualitas Hidup (Quality of Life) Perempuan Menikah Dini pada Masa Pasca Salin di Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Efikasi diri adalah sebuah pemahaman dan kepercayaan pada diri seseorang bahwa dirinya memiliki kemampuan dalam mengatur dan melakukan sebuah kegiatan untuk memenuhi suatu pekerjaan. Kualitas hidup Ibu pasca persalinan dapat dipengaruhi oleh efikasi dirinya. Kualitas hidup berhubungan dengan standar, harapan, kepedulian, dan tujuan selama hidup. Efikasi diri, pendidikan, dan usia juga menjadi faktor yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Desain penelitian ini ialah observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional yang kemudian diuji dengan menggunakan Chi Square. Seluruh perempuan menikah dini yang sedang dalam masa postpartum di Kabupaten Probolinggo, dengan jumlah 51 orang merupakan sampel melalui metode cluster random sampling pada studi ini. Hasil penelitian menerangkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara efikasi diri dengan kualitas hidup perempuan menikah dini pada masa pasca bersalin di Kabupaten Probolinggo yang ditunjukkan dengan nilai p value 0,227 > 0,05. Oleh karena itu, disarankan pada penelitian berikutnya dapat dikembangkan dan diteliti lebih lanjut dengan melakukan observasi terkait keseharian ibu dalam pengasuhan anak.

English Abstract

Self-efficacy is a confidence in an individual's capacity to plan and execute actions to accomplish a job. Self-efficacy can impact postpartum quality of life. Quality of life is influenced by expectations, norms, aspirations, and worries during different stages of life. Age, education, and self-efficacy are factors that can impact quality of life. Chi-Square was used for analysis. This study used a cross-sectional method and an analytical observational design. Using the cluster random selection method, 51 women who got married early in the postpartum period in Probolinggo Regency were chosen for the study. The study findings suggested that there was no statistically significant correlation between self-efficacy and the quality of life of women who married early during the postpartum period in Probolinggo Regency, as the p-value was 0.227, which is greater than the significance level of 0.05. Therefore, it is suggested that the next research can be further developed and researched by conducting observations related to the daily life of mothers in childcare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524060009
Uncontrolled Keywords: Pernikahan dini, efikasi diri, kualitas hidup, pasca salin
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:55
Last Modified: 13 Jun 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220074
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Isa Varra Akrimna Hendarika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item