Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Sayuran Selada Hidroponik (Studi Kasus Cv. Vg Farm Hydroponic)

Aptanta, Elgan Azhar and Dwi Retno Andriani, SP., MP. and Fadli Mulyadi, SP., MP (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Sayuran Selada Hidroponik (Studi Kasus Cv. Vg Farm Hydroponic). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selada hidroponik adalah salah satu produk sayuran yang diminati oleh semua kalangan masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pembudidaya selada hidroponik yang dapat ditemukan disetiap restoran, penjualan makan kaki lima, hingga restoran hotel dan mall sebagai pendamping makanan utama. Salah satu pembudidaya selada hidroponik di Sleman adalah CV. VG FARM HYDROPONIC. Seiring berjalannya usaha, CV. VG FARM HYDROPONIC selalu dihadapkan dengan beberapa kendala seperti persaingan dengan produsen sejenis, dan belum intensifnya kegiatan promosi sehingga dapat menurunkan volume penjualan. Oleh sebab itu, CV. VG FARM HYDROPONIC harus melakukan perencanaan pemasaran yang tepat melalui bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, promosi, reward karyawan, pembudidayaan hingga pengataran produk ke konsumen, dan pemeliharaan greenhouse agar dapat meningkatkan volume penjualan. Mengingat pentingnya pemasaran dalam menentukan keberhasilan finansial usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan bauran pemasaran, menganalisis pengaruh bauran pemasaran secara simultan terhadap volume penjualan produk selada hidroponik pada CV. VG FARM HYDROPONIC dan menganalisis variabel bauran pemasaran yang memberikan pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap volume penjualan produk selada hidroponik pada CV. VG FARM HYDROPONIC. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif melalui uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji F dan Uji T. Data yang dianalisis merupakan data bulanan (time series) yang terdiri dari data ketersediaan produk, tingkat harga, biaya distribusi, biaya promosi, reward karyawan, biaya budidaya dan pengantaran produk ke konsumen, dan biaya pemeliharaan greenhouse dari tahun 2022-2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui, bahwa produk selada hidroponik belum mengalami perubahan baik dari ciri produk maupun unit, variabel bauran pemasaran (ketersediaan produk, tingkat harga, biaya distribusi, biaya promosi, biaya reward yang dikeluarkan perusahaan untuk karyawan, biaya budidaya dan pengantaran produk ke konsumen, dan biaya pemeliharaan greenhouse) secara bersama-sama mempengaruhi volume penjualan dengan nilai fhitung > ftabel (56,542 > 2,66) dengan nilai sig. (0,000) < 0,05. Sedangkan secara parsial, variabel tingkat harga memiliki pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung > ttabel (11,936 > 1,745) dengan nilai sig. (0,000) < 0,05.

English Abstract

Hydroponic lettuce is one ofthe most popular vegetable products among the public. This is proven by the number of hydroponic lettuce cultivators that can be found in every restaurant, street food sales, to hotel and mall restaurants as a companion to the main food. One of the hydroponic lettuce cultivators in Sleman is CV VG FARM HYDROPONIC. As the business progresses, CV. VG FARM HYDROPONIC is always faced with several obstacles such as competition with similar producers, and not intensive promotional activitiesso that it can reduce sales volume. Therefore, CV VG FARM HYDROPONIC must carry out proper marketing planning through the marketing mix consisting of product, price, distribution channels, promotion, employee performance, cultivation to product delivery to consumers, and greenhouse maintenance to increase sales volume. Given the importance of marketing in determining the financial success of a business. This study aims to identify marketing mix activities, analyze the effect of marketing mix simultaneously on the sales volume of hydroponic lettuce products at CV. VG FARM HYDROPONIC and analyze the marketing mix variables that have themost dominant and significant influence on the sales volume of hydroponic lettuce products at CV. VG FARM HYDROPONIC. Data collection methods through interviews, observations, and documentation.The data analyzed is monthly data (time series) consisting of product availability data, price levels, distribution costs, promotion costs, employee performance, cultivation costs and product delivery to consumers, and greenhouse maintenance costs from 2022-2023. Based on the results of thisstudy, that hydroponic lettuce products have not changed either from product characteristics or units, marketing mix variables (product availability, price level, distribution costs, promotion costs, employee performance, cultivation costs and product delivery to consumers, and greenhouse maintenance costs) jointly affect sales volume with a value of fhitung> ftabel (56.542> 2.66) with a sig value. (0,000) < 0,05. While partially, the price level variable has the most dominant and significant influence on sales volume with the value of tcount> ttable (11.936> 1.745) with a sig value. (0,000) < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0424040030
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:01
Last Modified: 11 Jun 2024 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220000
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Elgan Azhar Aptanta.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item