Analisis Efisiensi Saluran Irigasi pada Kejuron Slorok Daerah Irigasi Molek Kabupaten Malang Jawa Timur

Naufal Hakim, Muhammad and Dr. Eng. Tri Budi Prayogo, ST., MT. (2024) Analisis Efisiensi Saluran Irigasi pada Kejuron Slorok Daerah Irigasi Molek Kabupaten Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan adalah dengan melakukan improvement di sektor pertanian. Air memiliki peran penting bagi sumber kehidupan dan merupakan unsur yang sangat berguna bagi pengelolaan serta pemeliharaan pertanian. Dengan demikian, diperlukan pula ketersedian air irigasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal yang perlu diperhatikan yaitu tentang kondisi saluran dan bangunan Daerah Irigasi yang harus dalam kondisi baik serta berfungsi dengan normal. Upaya ini dilakukan agar penyaluran air dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Daerah Irigasi Molek adalah daerah irigasi dengan menggunakan sistem irigasi teknis dan berguna untuk menghantarkan air dari Bendung Blobo ke lahan sawah milik warga sekitar. Air yang mengalir di daerah irigasi Molek ternyata berpotensi tidak mengalir dengan efisien sesuai dengan perencanaan yang ada. Hal tersebut dapat dikarenakan oleh beberapa penyebab seperti evaporasi, rembesan, dan pencurian air secara illegal. Pada studi ini, penulis ingin mengetahui tentang bagaimana kondisi eksisting, nilai efisiensi pengaliran yang ada pada bangunan dan saluran yang ada pada saluran Primer dan Sekunder Kejuron Slorok dengan menggunakan Peraturan Menteri PU No.12/PRT/M/2015, serta analisis debit inflow dan outflow. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa nilai kinerja irigasi pada saluran primer dan sekunder sebesar 87,375% dan 87,668%. Lalu, nilai efisiensi pada saluran primer yaitu 89,758% dan saluran sekunder 91,587%. Nilai kinerja irigasi kedua saluran tersebut telah sesuai dengan ketentuan yang ada. Akan tetapi, nilai efisiensi saluran Primer masih belum memenuhi ketentuan, meskipun pada saluran Sekunder telah memenuhi ketentuan yang ada pada Kriteria Perencanaan Irigasi 03.

English Abstract

One of the approaches to improve food security is to make advances in agriculture. Water is a crucial source of life and a valuable resource for agricultural management and maintenance. To achieve these objectives, adequate irrigation water is also required. The condition of the Irrigation Area's channels and buildings must be good and functional. This effort is undertaken to ensure that water distribution is carried out in an efficient and effective way. Molek Irrigation Area is an irrigation area using a technical irrigation system that is useful for delivering water from Blobo Dam to rice fields owned by local residents. The water flowing in the Molek irrigation area has the potential to not flow efficiently in accordance with existing planning. This can be caused by several causes such as evaporation, seepage, and illegal water loss. In this study, the author wants to know about how the existing conditions, the value of the existing conveyance efficiency of buildings and channels in the Primary and Secondary channels of Kejuron Slorok by using the Minister of Public Works' Regulation No. 12/PRT/M/2015 and the analysis of inflow and outflow discharge. Based on the results of the analysis, it is known that the value of irrigation performance on primary and secondary channels is 87.375% and 87.668%. Then, the efficiency value on the primary channel is 89.758% and the secondary channel is 91.587%. The irrigation performance value of the two channels is in accordance with existing regulations. However, the efficiency value of the Primary channel still does not meet the provisions, although the Secondary channel has met the existing provisions in Irrigation Planning Criteria 03.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070041
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:00
Last Modified: 13 Jun 2024 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219942
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD NAUFAL HAKIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Actions (login required)

View Item View Item