Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Investasi Saham Di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Feb Ub)

Eka Verdiana, Ninda (2023) Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Investasi Saham Di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Feb Ub). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investasi saham menjadi investasi yang paling banyak diminati di Indonesia, yang didominasi oleh generasi Z atau milenial. Namun demikian Generasi Milenial identic mempunyai gaya hidup hedonism dan tingkat tingkat konsumsi yang lebih tinggi sehingga harus bijak dalam mengatur keuangan dan diperlukan pengetahuan dan persepsi risiko yang mumpuni apabila mereka ingin terjun kedalam pasar modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya pengetahuan investasi dan persepsi risiko terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi saham di pasar modal. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling untuk menentukan responden minimumnya dengan bantuan rumus Slovin dengan presisi error 5%. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data Partial Least Square – Structural Equational Modeling dengan bantuan software SmartPLS. Hasil hipotesis uji mengindikasikan variable pengetahuan investasi (X1) memiliki pengaruh dengan hasil T-Statistik signifikan sebesar 8,651 terhadap variabel minat investasi (Y) dengan p-value 0,000 artinya meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang investasi merupakan salah satu cara untuk membangkitkan minat mereka dalam berinvestasi. Lalu hipotesis kedua hasil uji mengindikasikan variabel persepsi risiko (X2) memiliki pengaruh dengan hasil T-Statistik signifikan sebesar 3,596 terhadap variabel minat investasi (Y) dengan p-value 0,000.

English Abstract

Stock investment is the most interested investment in Indonesia, which is dominated by generation Z or millennials. However, millennials are synonymousvi with having a hedonistic lifestyle and a higher level of consumption so they must be wise in managing finances and require qualified knowledge and risk perception if they want to enter the capital market. The purpose of this study is to find out how influential investment knowledge and risk perception are on students' interest in investing in stocks in the capital market. This study used a non-probability sampling technique with purposive sampling to determine the minimum respondents with the help of the Slovin formula with an error precision of 5%. The method used is a quantitative approach with the Partial Least Square – Structural Equational Modeling data analysis technique with the help of SmartPLS software. The results of the test hypothesis indicate that the investment knowledge variable (X1) has an influence with a significant TStatistical result of 8.651 on the investment interest variable (Y) with a p-value of 0.000 meaning that increasing students' knowledge of investment is one way to arouse their interest in investing. Then the second hypothesis of the test results indicates that the risk perception variable (X2) has an influence with a significant T-Statistical result of 3.596 on the investment interest variable (Y) with a p-value of 0.000. Keywords: Stock Investment; Investment Knowledge; Risk Perception; PL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 27 May 2024 04:07
Last Modified: 27 May 2024 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219867
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ninda Eka Verdiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item