Daya Dukung Lahan dan Air untuk Mendukung Keberlanjutan Pangan di Kota Batu

Herdianti, Nada Yumna and Dr. Ir. J. Bambang Rahadi W, MS and Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS (2024) Daya Dukung Lahan dan Air untuk Mendukung Keberlanjutan Pangan di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daya dukung lahan merupakan perbandingan ketersediaan lahan dengan kebutuhan lahan yang dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan produksi hasil pangan. Sedangkan daya dukung air merupakan kemampuan dari sumberdaya air dalam memenuhi kebutuhan dengan meninjau besarnya ketersediaan air. Kedua hal tersebut perlu diketahui untuk mendukung keberlanjutan pangan seiring dengan tingginya peningkatan jumlah penduduk dan konversi lahan di Kota Batu. Keberlanjutan pangan merupakan usaha yang ingin dicapai dengan cara mengoptimalkan ketersediaan pangan dari berbagai aspek. Perekonomian di Kota Batu sebagian besar ditunjang oleh sektor pertanian. Namun, memproduksi banyak makanan bukan berarti mencapai ketahanan pangan. Oleh sebab itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui daya dukung lahan dan air di Kota Batu pada tahun 2022, proyeksi daya dukung lahan dan air di Kota Batu pada tahun 2023 hingga 2032, serta pengaruh daya dukung lahan dan air dalam mendukung keberlanjutan pangan di Kota Batu. Penelitian dilakukan menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kuantitatif berdasarkan data sekunder. Penelitian kuantitatif menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Data sekunder diperoleh dari data resmi pemerintah yang diolah menggunakan Microsoft Excel untuk perhitungan dan software ArcGIS 10.4.1 untuk membuat peta. Perhitungan yang dilakukan adalah perhitungan untuk daya dukung lahan dan air. Daya dukung lahan dan air didapatkan dari perbandingan antara ketersediaan (supply) dan kebutuhan (demand). Hasil perbandingan menunjukkan status dari daya dukung yang ada, yaitu antara surplus dan defisit. Analisis dilakukan terhadap hasil perhitungan untuk mengetahui pengaruh daya dukung lahan dan air dalam mendukung keberlanjutan pangan. Sedangkan pembuatan peta yang dilakukan adalah peta untuk kemampuan lahan yang berguna untuk memperkuat hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan daya dukung lahan di Kota Batu pada tahun 2022 diperkirakan mengalami surplus dengan angka 19.842,9914 ha dan akan terus mengalami surplus hingga tahun 2032. Daya dukung air di Kota Batu pada tahun 2022 juga diperkirakan mengalami surplus dengan angka 42.603.013,04 m3/tahun dan akan terus mengalami surplus hingga tahun 2032. Pengaruh daya dukung lahan dan air dalam mendukung keberlanjutan pangan di Kota Batu adalah kemampuan Kota Batu dalam ketahanan pangan hingga 10 tahun kedepan selama ketersediaan lahan dan air dapat memenuhi kebutuhan lahan dan airnya. Kota Batu juga diuntungkan dengan memiliki lahan yang sesuai untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, yaitu lahan kelas IV yang tersebar di tiap kecamatan di Kota Batu.

English Abstract

Land carrying capacity is the ratio of land supplies to land demands influenced by the population and food production. Meanwhile, water carrying capacity is the ability of water resources to meet demands by assessing the amount of water supplies. Both of these factors need to be known to support food sustainability alongside the increasing population and land conversion in Batu City. Food sustainability is an effort aimed at optimizing food supplies from various aspects. The economy in Batu City is largely supported by the agricultural sector. However, producing a lot of food does not necessarily equate to achieving food security. Therefore, this research was conducted to determine the land and water carrying capacity in Batu City in 2022, projecting the land and water carrying capacity in Batu City from 2023 to 2032, as well as the influence of land and water carrying capacity in supporting food sustainability in Batu City. The research was conducted using a descriptive method with a quantitative approach based on secondary data. In quantitative research, the emphasis is on testing theories through the measurement of research variables using numbers and conducting data analysis through statistical procedures. Secondary data were obtained from official government sources and processed using Microsoft Excel for calculations and ArcGIS 10.4.1 software for map creation. The calculations performed were for land and water carrying capacity. Land and water carrying capacity were obtained by comparing supply and demand. The comparison results indicated the status of existing carrying capacity, either surplus or deficit. Analysis was conducted on the calculation results to understand the influence of land and water carrying capacity in supporting food sustainability. Meanwhile, the map creation involved producing maps for land capability to strengthen the analysis results. The research results indicate that the land carrying capacity in Batu City in 2022 is estimated to experience a surplus of 19.842,9914 ha and will continue to experience surplus until 2032. The water carrying capacity in Batu City in 2022 is also estimated to experience a surplus of 42.603.013,04 m3/year and will continue to experience surplus until 2032. The influence of land and water carrying capacity in supporting food sustainability in Batu City lies in the city’s ability to achieve food security for the next 10 years as long as land and water supply can meet their respective demands. Batu City also benefits from having land suitable for agriculture use, namely class IV land spread across each district in Batu City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524100076
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan, Keberlanjutan Pangan, Kemampuan Lahan, Ketersediaan Demands, Food Sustainability, Land Capability, Supplies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 May 2024 07:51
Last Modified: 31 May 2024 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219852
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nada Yumna Herdianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item