Pengaruh Harga, Metode Pembayaran, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform Kecipir.com Tangerang Selatan

Muzaffirah, Adzirah and Abdul Wahib Muhaimin, M.S. and Heptari Elita Dewi, S.P., M.P., (2024) Pengaruh Harga, Metode Pembayaran, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform Kecipir.com Tangerang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan dalam perilaku masyarakat modern yang cenderung menuju ke praktisitas, terutama dalam hal berbelanja, dan telah menciptakan tren bisnis yang signifikan. Fenomena ini didukung oleh kemajuan teknologi informasi, yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Sebagai hasilnya, pemasaran digital atau "Marketing 4.0" telah menjadi pusat perhatian di kalangan pebisnis. Kondisi ini diperkuat oleh fakta bahwa semakin banyak orang menggunakan internet untuk berbagai keperluan, termasuk berbelanja online. E-commerce, yang merupakan bentuk perdagangan elektronik, telah berkembang pesat, memungkinkan penjual untuk menjual produk pertanian secara online, menyediakan kesempatan bagi petani untuk memasarkan produk mereka secara luas. Namun, persaingan di antara platform e-commerce, terutama dalam konteks harga, metode pembayaran, dan tingkat kepercayaan konsumen, menjadi faktorfaktor yang memengaruhi keputusan pembelian, dengan hasil yang bervariasi dalam penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menganalisis pengaruh harga terhadap Keputusan pembelian pada platform kecipir.com, (2) menganalisis pengaruh metode pembayaran terhadap keputusan pembelian pada platform Kecipir.com, (3) menganalisis apakah kepercayaan konsumen memoderasi pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada platform Kecipir.com, dan (4) menganalisis apakah kepercayaan konsumen memoderasi pengaruh metode pembayaran terhadap keputusan pembelian pada platform Kecipir.com. Penelitian ini dilaksanakan secara online atau daring melalui Google form. Penelitian ini dilakukan Kawasan JABODETABEK. Teknik penentuan sampel responden dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS4.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga dan metode pembayaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada platform Kecipir.com, selain itu, variabel kepercayaan konsumen berhasil memoderasi pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dengan kategori kuasi moderasi tetapi memiliki pengaruh terbalik, serta kepercayaan konsumen berhasil memoderasi pengaruh metode pembayaran terhadap keputusan pembelian dengan kategori kuasi moderasi dan kepercayaan konsumen berhasil memperkuat hubungan anatara metode pembayaran terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

The shift in the behavior of modern society towards practicality, especially when it comes to shopping, has created a significant business trend. This phenomenon is supported by advances in information technology, which plays an important role in daily activities. As a result, digital marketing or "Marketing 4.0" has taken center stage among businesses. This condition is reinforced by the fact that more and more people are using the internet for various purposes, including online shopping. E-commerce, which is a form of electronic commerce, has grown rapidly, allowing sellers to sell agricultural products online, providing farmers with the opportunity to market their products widely. However, competition among e-commerce platforms, especially in the context of price, payment methods, and consumer trust levels, are factors that influence purchasing decisions, with mixed results in previous studies. This research was conducted with the aim to (1) analyze the effect of price on purchasing decisions on the Kecipir.com platform, (2) analyze the effect of payment methods on purchasing decisions on the Kecipir.com platform, (3) analyze whether consumer confidence moderates the effect of price on purchasing decisions on the Kecipir.com platform, and (4) analyze whether consumer confidence moderates the effect of payment methods on purchasing decisions on the Kecipir.com platform. This research was conducted online through Google form. This research was conducted in the JABODETABEK area. The technique of determining the sample of respondents in this study using non-probability sampling with purposive sampling technique, the sample used in this study amounted to 88 people. Data collection was carried out by distributing questionnaires, interviews, observation and documentation. The data analysis used in this research is descriptive analysis and SEM-PLS with the SmartPLS4.0 application. The results of the analysis show that price and payment methods have a positive and significant effect on purchasing decisions on the Kecipir.com platform, in addition, the consumer confidence variable succeeds in moderating the effect of price on purchasing decisions with a quasi-moderation category but has an inverse effect, and consumer confidence succeeds in moderating the effect of payment methods on purchasing decisions with a quasi-moderation category and consumer confidence succeeds in strengthening the relationship between payment methods on purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040181
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:48
Last Modified: 06 Jun 2024 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219834
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adzirah Muzaffirah.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item